Breaking News:

Berita Takan Terkini

Pelaksanaan Seleksi Guru PPPK Diundur Selama 10 Hari, Begini Penjelasannya

Pelaksanaan seleksi guru ditunda, Suratnya Senin baru keluar dari kementerian untuk pengumuman penundaan itu,” beber Sudarsono.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Persiapan SMKN 2 Tarakan sebagai lokasi pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK guru tahun ini. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Pelaksanaan seleksi guru ASN-PPPK tahun 2021 dipastikan diundur jadwalnya. Ini disampaikan Sudarsono, Penanggung Jawab Seleksi P3K Kaltara. Informasi ini diterima pihaknya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara lisan bahwa untuk pelaksanaan seleksi P3K ditunda.

“Jadi ada orang Dirjen datang dari Jakarta. Dan info mereka, bahwa untuk pelaksanaan seleksi PPPK guru ditunda atau diundur jadwalnya,” beber Sudarsono.

Salah satu alasan penundaan seleksi SKD dikatakan Sudarsono, persiapan yang belum matang secara keseluruhan se-Indonesia.

Baca juga: Disdikbud Kaltara Telah Bentuk Panitia Pelaksana, Simak Lokasi Pelaksanaan Uji Kompetensi PPPK Guru

“Suratnya Senin baru keluar dari kementerian untuk pengumuman penundaan itu,” bebernya.
Ia melanjutkan memang sebelumnya pernah disampaikan berdasarkan pertemuan zoom meeting dengan orang kementerian pendidikan.

“Itu saya sampaikan. Kalau segala aturan, kelengkapan dan sebagainya sudah sesuai. Hanya saja jadwal pelaksanaannya ada penundaan,” beber Sudarsono. Lebih lanjut ia menyampaikan, artinya 30 September pelaksanaan SKD seperti yang diumumkan sebelumnya ditunda.

Ia melanjutkan, kesiapan dari tim pusat kemungkinan belum siap secara menyeluruh. “Mungkin ada juga kabupaten atau kota tidak siap dengan pelaksanaan SKD-nya. Itu kan harus serentak se-Indonesia,” bebernya.
Ia melanjutkan, di Kaltara sendiri sudah siap sebenarnya mengikuti pelaksanaan SKD PPPK guru. “SDM siap, kami udah siap segalanya. Menggunakan proctor, help desk, secara peralatan sudah siap,” jelasnya.

Baca juga: Proporsi Tenaga Pendidik di Malinau Masih Minim, PPPK Guru Dinilai Solusi Kendala SDM Pendidikan

Hanya saja, jika nanti saat mengakses data dari pusat saat proses pendaftaran peserta, harus online ke Kementerian Pendidikan. “Kementerian nanti yang memverifikasi sekitar 1.500 pendaftar PPPK guru di Kaltara secara administrasi dan disampaikan ke kami sekaligus mereka akan dibuatkan jadwal seleksi,” jelasnya.

Dalam sehari dilaksanakan dua sesi kata Sudarsono. Dan pelaksanaannya berlangsung lima hari. Kemungkinan lanjutnya secara sarpras dan SDM ada yang masih belum menyatakan kesiapan sehingga ditunda.

“Kemarin orang kementerian datang ke Kaltara bagian GTK saya desak, memang mereka belum bisa katakana secara resmi. Hanya lisan ditunda pelaksanaannya,” ujar Sidarsono.

Persiapan SMKN 2 Tarakan sebagai lokasi pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK guru  tahun ini.
Persiapan SMKN 2 Tarakan sebagai lokasi pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK guru tahun ini. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Ia melanjutkan, kemungkinan pertengahan September baru bisa dilaksanakan tes seleksi kompetensi I bagi peserta PPPK guru. “Nanti itu ada tiga tahap pelaksanaannya,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved