Berita Nasional Terkini

SIAP-SIAP! Menteri Nadiem Izinkan Kampus Perguruan Tinggi PTM, Singgung Mahasiswa, Berikut Syaratnya

Siap-siap! Menteri Pendidikan, Kebudayaam dan Ristek Nadiem Makarim izinkan kampus perguruan tinggi PTM, singgung mahasiswa, berikut syaratnya.

Warta Kota/Ricky Martin Wijaya
Nadiem Anwar Makarim (kanan) memberikan keterangan saat berkeliling Kantor Kemendikbud usai serah terima jabatan (sertijab), di Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Kabar gembira Mendikbud Bakal Angkat 1 Juta Guru Honorer Jadi Pegawai dan Naikkan Gaji 

TRIBUNKALTARA.COM - Siap-siap! Menteri Pendidikan, Kebudayaam dan Ristek Nadiem Makarim izinkan kampus perguruan tinggi PTM, singgung mahasiswa, berikut syaratnya.

Setelah sekian lama tidak memberlakukan pembelajaran tatap muka atau PTM, akhirnya Mendikbudristek Nadiem Makarim mengizinkan perguruan tinggi melaksanakan PTM.

Namun demikian, Mendikbudristek Nadiem Makarim tidak serta merata mengizinkan begitu saja.

Ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dipenuhi perguruan tinggi untuk menjalankan PTM.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem: Hakteknas ke-26 Jadi Momentum Tumbuhkan Kepercayaan Diri Bangsa Indonesia

meminta perguruan tinggi yang masuk wilayah PPKM Level 1 hingga 3 untuk segera menggelar pembelajaran tatap muka terbatas.

Sementara kampus yang masuk wilayah PPKM Level 4 masih harus menggelar pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Kami mendorong kampus-kampus yang berada di wilayah PPKM level satu sampai tiga untuk segera pertemuan tatap muka terbatas kepada mahasiswa," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/8/2021).

Meski begitu, Nadiem meminta agar para mahasiswa yang mengikuti PTM terbatas untuk komitmen dalam menjaga protokol kesehatan.

Keberhasilan PTM terbatas, kata Nadiem, tergantung pada penerapan protokol kesehatan.

"Berhasil tidaknya pelaksanaan PTM terbatas sangat bergantung pada komitmen teman-teman mahasiswa untuk saling menjaga dan melindungi melalui kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan," ucap Nadiem.

Dirinya memastikan perkuliahan tatap muka terbatas akan berbeda situasinya dengan saat sebelum pandemi.

"Jadilah contoh bagi sesama mahasiswa, dosen, dan warga kampus lain untuk menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. PTM terbatas ini juga membutuhkan komitmen teman-teman mahasiswa agar dapat berjalan sesuai rencana," ujar Nadiem.

Ia menekankan, mahasiswa juga perlu melaksanakan vaksinasi.

Baca juga: Ditemui Mendikbud Nadiem Makarim, Megawati Tak Sendiri, Sejumlah Petinggi PDIP Ikut Mendampingi

"Memberitahu teman-teman yang sakit, flu atau demam, untuk tidak masuk, ini ada di tangan mahasiswa. Di samping itu, adik-adik yang belum divaksin, cari informasi tempat vaksinasi terdekat untuk mendapat vaksin," kata Nadiem.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved