Berita Nasional Terkini

Kabar Terbaru Rizieq Shihab, Upaya Hukum Bandingnya Ditolak Pengadilan, Kini Terancam 4 Tahun Bui

Pengadilan Tinggi Jakarta menolak Bupaya hukum banding Rizieq Shihab, sekaligus menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur di tingkat pertama.

Editor: Amiruddin
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Rizieq Shihab. Pengadilan Tinggi Jakarta menolak Bupaya hukum banding Rizieq Shihab, sekaligus menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur di tingkat pertama. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNKALTARA.COM - Upaya hukum Banding yang diajukan eks pentolan Front Pembela Islam ( FPI ), Rizieq Shihab ditolak Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

Putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang menolak Banding Rizieq Shihab, menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur di tingkat pertama.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur sebelumnya diketahui telah menjatuhkan vonis empat tahun penjara kepada Rizieq Shihab.

Habib Rizieq Shihab diketahui divonis empat tahun penjara atas kasus hasil swab test RS UMMI, Bogor beberapa waktu lalu.

Sementara itu siang tadi sejumlah massa yang diduga simpatisan Rizieq Shihab mengalami luka-luka saat terjadi kericuhan di sekitar Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

Kericuhan terjadi saat putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta terkait Banding yang diajukan penasihat hukum Rizieq Shihab.

Baca juga: Ingat Irjen Rudy Sufahriadi? Dulu Dicopot Gegara Kerumunan Rizieq Shihab, Kini Dapat Jabatan Baru

"Di mana putusannya adalah menguatkan, menerima permohonan banding dari para terdakwa dan penuntut umum, yang kedua adalah menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jaktim yang telah diputuskan lalu dan dimohonkan banding," kata Humas PT DKI Jakarta Binsar Pamopo Pakpahan kepada awak media, Senin (30/8/2021).

Dengan putusan dari Majelis Hakim Pengadilan Tinggi ini maka, terdakwa Rizieq Shihab tetap divonis hukuman pidana 4 tahun penjara sebagaimana putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

"Di Pengadilan Negeri oleh Majelis Hakim divonis dengan pidana penjara selama 4 tahun terus oleh Pengadilan Tinggi dikuatkan dengan putusan nomor 210 pidsus tahun 2021 PT DKI, itu intinya," ujar Binsar.

Atas vonis banding tersebut, anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Ichwan Tuankotta mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu hasil salinan publikasi putusan secara resmi dari majelis hakim PT DKI Jakarta untuk memutuskan langkah hukum selanjutnya.

Pihaknya masih akan menentukan apakah akan mengambil langkah kasasi atau tidak.

"Iya, kami tim akan menunggu dulu rilis pemberitahuan secara resmi dari pengadilan tinggi untuk menentukan langkah hukum apa nantinya," ujar Ichwan.

Kendati demikian, Ichwan mengungkap jika vonis yang dijatuhkan hakim PT DKI Jakarta yang memperkuat vonis empat tahun dari PN Jakarta Timur sangat menyesalkan.

Hal tersebut, karena menurut pihaknya jauh dari rasa keadilan, dengan begitu pihaknya menolak atas putusan yang dijatuhkan kepada kliennya itu.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved