Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Pemkab Malinau Tambah 4 Alat Berat, Akses Jalan Tani Diharapkan tak Bertumpu di Satu Komoditas

Pemerintah Daerah atau Pemda Malinau tambah 4 alat berat, akses jalan tani di Malinau diharapkan tak bertumpu di satu komoditas saja.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Lahan pertanian milik warga di kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TribunKaltara.com / Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pemerintah Daerah atau Pemda Malinau tambah 4 alat berat, akses jalan tani di Malinau diharapkan tak bertumpu di satu komoditas saja.

Pengadaan alat berat Kecamatan oleh PUPR Perkim Malinau, Petani Minta Akses Tani tak tertumpu pada satu jenis komoditas.

Baca juga: Pekan Pertama September 2021, Dinkes Malinau Target lebih 5 Ribu Orang Divaksinasi Covid-19 Dosis 1

Pada kegiatan penyerahan alat berat pada Jumat 27 Agustus 2021 lalu, Kepala Dinas PUPR Perkim, Tomy Labo mengatakan 4 alat berat pengadaan tahun 2021 dimaksimalkan program inovasi daerah. Salah satunya adalah merawat jalan tani.

Diberitakan sebelumnya, 4 alat berat pengadaan tahun 2021 akan dioperasikan di wilayah kecamatan Malinau Kota, serta di wilayah Kecamatan Mentarang Hulu dan Sungai Tubu.

Pengadaan alat berat tersebut untuk mendukung pelaksanaan teknis kegiatan serta bagian dari program inovasi pemerintah daerah kabupaten Malinau Rasda plus. Seperti perawatan akses dan jalan-jalan pertanian.

Baca juga: PPKM Level 3 di Malinau Diperpanjang, Sekolah di Zona Hijau Covid-19 Boleh Belajar Tatap Muka

Petani di Desa Sempayang Malinau Barat, Arnold berpendapat pentingnya pendataan distribusi sasaran jalan tani. sebab menurutnya ada sejumlah petani yang belum menikmati infrastuktur dasar tersebut.

"Kalau alat beratnya banyak, sebaiknya program Bupati untuk jalan tani juga dirasakan semua petani. Jalannya tidak fokus di lahan sawah saja, baiknya ke kebun-kebun juga. Banyak petani yang masih sulit keluarkan hasil tani karena terkendala jalan," ujarnya, Rabu (1/9/2021).

Menurutnya, karena tren saat ini banyak warga yang memilih untuk memanfaatkan kembali lahan pertanian dan perkebunan, dapat memicu peningkatan sektor tani daerah.

Di sisi lain, Ketua kelompok tani di Desa Semenggaris Malinau Utara, Agustinus menerangkan selain menjamin infrastruktur akses tani, pemerintah diharapkan dapat menjamin hilirisasai dan pemasaran produk pertanian.

Baca juga: CPNS Kaltara, Panitia SKD Malinau Siapkan Tes Cadangan Bagi Peserta Bergejala Gangguan Kesehatan

"Program ini memberikan kemudahan kepada petani. Selain sisi produksi, diharapkan pemerintah juga menjamin pemasaran produk pertanian kita. Supaya sektor pertanian di Malinau berkelanjutan," ujarnya.

Program Rasda atau Beras Daerah Plus merupakan satu dari 5 program unggulan Wempi W Mawa dan Jakaria. Bupati dan Wakil Bupati Malinau periode 2021-2024.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

Subscribes YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved