Breaking News:

Manfaat Wortel

Kaya Antioksidan, Wortel ungu Diklaim Lebih Efektif Cegah Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Tahukah kamu, wortel ungu diklaim efektif mencegah risiko penyakit jantung hingga diabetes dibandingkan dengan wortel oranye yang biasanya dijumpai.

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Sumarsono
Flickr
Ilustrasi wortel ungu, simak manfaatnya dibanding wortel biasa 

TRIBUNKALTARA.COM – Tahukah kamu, wortel ungu diklaim efektif mencegah risiko penyakit jantung hingga diabetes dibandingkan dengan wortel oranye yang biasanya kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi seperti antosianin. Senyawa tersebut termasuk dalam antioksidan polifenol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Healthline, mengonsumsi wortel ungu dalam menu makanan harian dapat melindungi tubuh dari timbulnya peradangan atau inflamasi dalam tubuh.

Baca juga: Beta Karoten dalam Wortel Bantu Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Simak Manfaat Lainnya

Antosianin bertindak sebagai agen anti-inflamasi dengan mengurangi senyawa yang berpotensi berbahaya bagi tubuh seperti sitokin pro-inflamasi.

Pengurangan senyawa ini turut menurunkan risiko timbulnya penyakit jantung.

Sebanyak 24 penelitian pun membuktikan manfaat wortel ungu dalam pencegahan dan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan antosianin, secara signifikan akan meningkatkan aliran darah dan fungsi pembuluh darah yang lebih baik.

Seperti yang diketahui, aliran darah serta fungsi pembuluh darah yang tidak normal, adalah penyebab umum timbulnya penyakit jantung,.

Baca juga: Cocok untuk Wajah Berminyak hingga Bantu Cegah Jerawat, Ini 7 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit

Karena itulah, kandungan antosianin dalam wortel ungu dapat menurunkan risiko tersebut.

Studi lainnya yang melibatkan lebih dari 34 ribu wanita yang mengonsumsi 0,2 mg antosianin per hari menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung secara significan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved