Breaking News:

Integrasi Keluarga, Madrasah dan Masyarakat Wujudkan Anak Berperilaku Hidup Bersih & Sehat

MEMILIKI kesadaran dalam perilaku hidup bersih dan sehat sangat diharapkan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat serta mencegah penyakit.

Editor: Sumarsono
IST
Suasana lingkungan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Balikpapan yang tampah asri, hijau, dan bersih. 

Oleh: Rolieanti, SPd, Guru MTs Negeri 1 Balikpapan

TRIBUNKALTARA.COM – MEMILIKI kesadaran yang tinggi dalam perilaku hidup bersih dan sehat sangat diharapkan agar tercipta lingkungan yang bersih  dan sehat serta mencegah dari berbagai macam penyakit. 

Lingkungan bersih dan sehat tercipta karena kesadaran kita untuk turut serta menjaga dan memeliharanya.

Seorang anak dari usia mereka mengenal lingkungan sampai menjadi dewasa dipengaruhi oleh  lingkungan sosial di sekitarnya. 

Lingkungan sosial yang nantinya akan membentuk pribadi anak  yang peduli terhadap lingkungan ataukah sebaliknya acuh dan tidak peduli terhadap lingkungannya. Lingkungan di sekitar turut mendukung perkembangan perilaku anak tersebut.

Mendidik anak untuk berperilaku hidup  bersih dan sehat bisa dimulai dari memelihara kebersihan diri dan lingkungan sekitar, mengajarkan anak cara menjaga kebersihan bermanfaat untuk mencegah atau menurunkan risiko terserang penyakit, terutama ketika anak sudah masuk usia sekolah (madrasah)

Di usia sekolah, anak lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga rentan terpapar kuman penyebab penyakit .

Dalam kehidupan sosial , perkembangan perilaku anak dipengaruhi oleh 3 faktor lingkungan, yakni lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Integrasi ketiga lingkungan tersebut akan membentuk kepribadian anak.untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.

1. Lingkungan Keluarga

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved