Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pandemi Covid-19, Wali Kota Tarakan dr Khairul Fokus Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

Wali Kota Tarakan dr Khairul ngaku terus berusaha menyeimbangkan arah penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
SCREENSHOT TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Wali Kota Tarakan dr Khairul saat memaparkan bagaimana strategi pemulihan ekonomi di Kota Tarakan. SCREENSHOT TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan Talk Show Tribun Kaltara Series mengusung tema “Masyarakat Sehat, Pelaku UMKM Kota Tarakan Bangkit” digelar Kamis (9/9/2021).

Dalam kegiatan Talk Show Tribun Kaltara Series kali ini menghadirkan narasumber Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes dan Sekda Kota Tarakan, Hamid Amren, Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira, Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana.

Baca juga: PPKM Level 4 Tarakan Kembali Diperpanjang, Wali Kota Khairul: Kafe Boleh Buka Sampai Pukul 10 Malam

Hadi juga pakar ekonomi dari akademisi Universitas Borneo Tarakan, Dr Margiono, dan seorang pelaku UMKM di Kota Tarakan dan Kaltara, Sushanti Mulyadi, yang juga merupakan Owner Lapis Tarakan.

Acara talk show ini dipandu langsung Sumarsono, Manager TribunKaltara.com secara virtual dan live steraming di YouTube Tribun Kaltara Official da fanpage FB Tribun Kaltara.com.

Dalam kegiatan talkshow, Wali Kota Tarakan, dr Khairul membeberkan di awal pandemi Covid-19 merebak, Pemkot Tarakan sudah berusaha bagaimana menyeimbangkan arah penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Sejak masa PSBB kemudian masuk dalam istilah new normal life, selanjutnya PPKM dan terakhir yang saat ini sedang berjalan yakni PPKM Level 4, pihaknya tidak melakukan penutupan secara total seperti wilayah lainnya di Pulau Jawa.

“Bisa dilihat seperti kafe, warung, rumah makan, kami tidak tutup hanya dibatasi jam operasinya,” beber dr Khairul.

Ini salah satu langkah pemerintah mendukung UMKM tetap berjalan. Dan lanjutnya jika melihat di tri wulan I, ekonomi Tarakan tumbuh positif di angka 0,38 persen.

“Dibanding tri wulan I dan tri wulan IV 2020, alhamdulillah di tri wulan II, pertumbuhan ekonomi Tarakan hadir di angka 6,03 persen years to years. Artinya dibanding tahun lalu, kita udah tumbuh 6,03 persen. Mudahan bisa mencapai target,” bebernya.

Selanjutnya ia memaparkan, jika melihat stimulus ekonomi yang dilakukan sejak awal pandemi, terutama di sektor pariwisata, ada perhotelan, dalam hal ini lanjutnya ada perhotelan, warung dan UMKM, saat itu pihaknya memberlakukan relaksasi pajak daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved