Breaking News:

Berita Malinau Terkini

7 September 2021, PTM Terbatas Dilakukan di 4 Kecamatna Kabupaten Mainau, Orang Tua Khawatir KIPI

Pelaksanan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas bagi satuan pendidikan 4 wilayah kecamatan Kabupaten Malinau sejak Selasa 7 September 2021.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan wilayah Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU – Pelaksanan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas bagi satuan pendidikan 4 wilayah kecamatan Kabupaten Malinau sejak Selasa 7 September 2021.

Pelaksanaan PTM terbatas di 4 wilayah kecamatan meliputi Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat dan Mentarang tersebut akan dievaluasi tiap pekan.

Selain itu, vaksinasi peserta didik di Malinau mulai digencarkan. Dinas Kesehatan P2B Malinau mengalokasikan 475 vial vaksin untuk menjaga keberlanjutan PTM di wilayah sekitar ibu Kota kabupaten.

Baca juga: Penguatan Peran Komunitas & Organisasi Siswa Diusulkan, Jadi Solusi Kelanjutan PTM Terbatas Malinau

Vaksinasi peserta didik di sisi lain memicu perhatian orang tua siswa. Tak sedikit yang mempertimbangkan rencana tersebut karena khawatir kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI.

Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Komisi 1 DPRD Malinau, Dolvina Damus menilai hal tersebut wajar dan perlu pedoman khusus, utamanya untuk meyakinkan orang tua atau peserta didik untuk divaksin.

Baca juga: Sudah 2 Minggu PTM Terbatas di SDN 001 Sebatik Timur Dilakukan, Pulau Nunukan Tunggu Satgas Coid-19 

“Ini wajar ya, karena namanya orang tua, pasti khawatir anak-anaknya kena KIPI. Jangankan anak-anak, orang dewasa juga masih banyak yang ragu sampai sekarang. Kemarin usulkan supaya ada rapat lanjutan soal ini,” ujarnya, Sabtu (11/9/2021).

Menurutnya, pentingnya sosialisasi sebelum vaksinasi untuk menyamakan persepsi dari orang tua dan penyelenggara dalam hal ini Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau.

Pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan wilayah Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu
Pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan wilayah Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Pemerintah Daerah berkewajiban menjaga keselamatan peserta didik selama PTM terbatas. Demikian halnya komitmen orang tua siswa untuk mengikuti panduan pelaksanaan PTM.

“Kami selalu ulang-ulang, harus ada sosialisasi, penyamaan persepsi. Kadang persoalan cuma kendala komunikasi yang tidak terhubung.

Pemerintah wajib menjamin keselamatan jiwa siswa. Sama halnya dengan orang tua, wajib mengikuti pedoman. Perlu ada dialog untuk mengurai kendala ini,” katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved