Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Cerita Cheito Karno, Beternak Kambing Boer di Bulungan, Hasilkan 80 Ekor, Diimpor dari Australia

Pemilik Peternak Kambing Boer, Cheito Karno, berinisiatif mendukung program pemerintah Provinsi Kaltara maupun Kabupaten Bulungan pada Sektor Daging.

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Pemiliki Peternak Kambing Boer Mandiri Farm Bulungan Cheito Karno (Ashe) Dan anaknya Wynne Tricia Kie. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Pemilik Peternak Kambing Boer, Cheito Karno, berinisiatif mendukung program pemerintah Provinsi Kaltara maupun Kabupaten Bulungan pada Sektor Daging.

"Kambing ini, dengan tujuan membantu program pemerintah, mewujudkan kedaulatan pangan, pada sektor daging," jelas pria yang akrab dipanggil Ashe, Sabtu (11/09/2021).

"Kami melihat, begitu besar di wilayah kami, dan teman-teman peternak, belum banyak beternak kambing boer ini," tegasnya.

Baca juga: Idul Adha Topang Sektor Peternakan di Malinau, Pedagang Sebut Penjualan Meningkat Dibanding 2020

Lebih lanjut, Ashe sudah memulai langkah berternak kambing boer sudah beberapa bulan lalu ke mencari Sampel Breeding, ternak kambing boer di Blitar, Jawa Timur.

"Karena jenis kambing pedaging, kambing boer ini didatangkan dari Afrika Selatan, di import dari Australia, masuk melalui Indonesia dari Jakarta dan Surabaya," ungkapnya kepada TribunKaltara.com.

Baca juga: Viral Bayi 34 Hari Diberi Susu Kambing dan Madu agar Berat Badan Naik, Dokter Anak Beri Tanggapan

Ashe mengatakan, kambing boer yang di miliki mencapai 80 ekor, dari pembudidaya pengelolahan ternak kambing boer dari Blitar, Jawa Timur.

Sementara itu, Ashe mengungkapkan bahwa banyak peternak kambing boer yang ada di Blitar mengelolah dan ingin mencontohnya di Bulungan.

Pemiliki Peternak Kambing Boer Mandiri Farm Bulungan Cheito Karno (Ashe)
Dan anaknya Wynne Tricia Kie.
Pemiliki Peternak Kambing Boer Mandiri Farm Bulungan Cheito Karno (Ashe) Dan anaknya Wynne Tricia Kie. (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Kabupaten kami, provinsi kami Kalimantan Utara, bersama dengan bapak bupati wakil bupati, saya berkonsultasi bersama beliau, mendirikan Bulungan Farm di Bulungan ini," tuturnya.

Ashe kembali mengatakan kepada TribunKaltaram.com, bahwa Bulungan Mandiri Farm adalah pemberian nama dari Bupati dan Wakil Bupati Bulungan.

"Bulungan Mandiri Farm ini, berdiri di bulan Februari, dengan penyiapan lahan seluar 4 hektar, setengah hektar kami siapkan fasilitas kandang dan rumah jaga, 2,5 hektar tanah, akan kami buat berupa pakan rumput khacong, dan 1 hektar kami tanam tanaman indigovera," pungkasnya

Ashe menambahkan, 2 jenis tanaman tersebut menjadi andalan yang ada juga di Ternak Kambing Bulungan Mandiri Farm dan pakan pihaknya andalkan untuk kelangsungan bertahan hidup Kambing Boer.

Baca juga: Tips agar Daging Kurban Empuk dan Tidak Bau saat Diolah, Jangan Langsung Cuci Daging Kambing

"Karena ini memilik nutrisi yang sangat tinggi, jadi rumput pachong, nutrisinya, proteinnya 16,4 persen, tanaman indigovera sendiri 27,7 persen, jadi 2 jenis pakan ini, sudah sangat mendukung sekali, untuk ternak kambing boer, demikian rekan media makasi," tutupnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved