Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Ingin Usaha Perternakan Kambing Boer, Harus Miliki Bank Pakan, Cheito Karno: Permudah Kita Beternak

Pemilik peternakan Kambing Boer Bulungan Mandiri Farm Cheito Karno tekankan, bagi yang ingin memulai usaha peternakan ini, harus memiliki Bank Pakan

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Menteri Pertanian SYL bersama Gubernur Kaltara dan DPRD Kaltara dan pejabat gendong Kambing Boer. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Pemilik peternakan Kambing Boer Bulungan Mandiri Farm Cheito Karno tekankan, bagi yang ingin memulai usaha peternakan ini, harus memiliki Bank Pakan.

"Jadi kami juga mengedukasi peternak, kalau mau beternak, siapkan dulu bank pakan, supaya kita jangan menyulitkan diri, disaat kita mau beternak, kita tidak menyiapkan bank pakan, maka itu membuang waktu, tenaga, biaya," tegasnya kepada TribunKaltara.com.

"Tapi kalau kita, menyiapkan bank pakan dulu ya pak, maka itu mempermudah kita untuk, beternak," tambahnya.

Baca juga: Kunjungi Peternakan Kambing Boer di Bulungan, Berikut Pesan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo

Cheito Karno, juga menyampaikan sarana edukasi tepat saat ini sudah diupayakannya bersama para pengusaha peternak lainnya sejak awal berdirinya Bulungan Mandiri Farm pada 10 juni 2021 lalu.

"Sejak kami datangkan ternak 10 juni kemarin, jadi peternakan ini baru berumur 3 bulan pak, dengan populasi betina kambing F1 Cross Boer, sebanyak 76 ekor, kemudian pejantanya 5 ekor, jadi populasi kami baru 80an ekor," jujurnya.

Baca juga: Bupati Syarwani, Apresiasi Menteri Pertanian SYL Kunjungi Kawasan Sektor Perternakan Kambing Boer

Lebih lanjut Cheito Karno sampaikan, peternakan kambing boer, bulungan mandiri farm adalah bentuk rencana diprogramkan field project.

"Field project ini pak, akan kami kembangkan lagi, karena kami begitu senang, dapat dukungan dari pihak pemerintah kabupaten dan provinsi," katanya.

Pemilik Peternakan Kambing Boer Bulungan Mandiri Farm Chieto Karno dan bersama anaknya Wynne Tricia Kie.
Pemilik Peternakan Kambing Boer Bulungan Mandiri Farm Chieto Karno dan bersama anaknya Wynne Tricia Kie. (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Kapasitas peternakan kambing boer bulungan mandiri farm, bisa menampung sebanyak 450 ekor termasuk dengan stok makan untuk memenuhi 450 ekor tersebut.

"Sehingga kami juga membuat silase, membuat pakan vermentasi untuk stok, untuk mengedukasi, para peternak," pungkasnya Minggu, (12/09/2021).

Baca juga: Cerita Cheito Karno, Beternak Kambing Boer di Bulungan, Hasilkan 80 Ekor, Diimpor dari Australia

Kepada TribunKaltara.com. Chieto Karno memaparkan, keunggulan berternak kambing boer adalah, tidak pilih-pilih makan, bahkan jumlah tarkas (bahan baku pakan silase kambing boer) bisa mencapai 40-60 persen dari berat tubuh hewan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved