Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

DLH Bulungan Kebut Proyek Landscape Taman Vegetasi Hutan Kota, Ada Replika Perisai Adat Dayak.

DLH) Bulungan, saat ini sedang kejar target proyek penataan landscape taman vegetasi hutan kota bunda hayati. Ada ornamen replika perisai adat dayak.

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Proyek Pembangunan Penataan Landscape Taman Vegetasi Hutan Kota Bunda Hayati (14/09/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Qomarudin El Hami Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkunan Hidu (DLH) Bulungan, saat ini sedang kejar target proyek penataan landscape taman vegetasi hutan kota bunda hayati.

"Juli bulan lalu baru mulai proyek ini, nanti berakhirnya di desember, kalau di lihat situ sedikit progressnya ya, dan pihak ke-3nya sudah nge-drop melakukan pemeliharaan tanaman," jelasnya.

"Kan disitu ada tanaman perdu itu, nanti kita mencoba buat ada tanaman hias seperti tabebuya, yang kedepan bisa menata Kabupaten Bulungan," ungkapnya Selasa (14/09/2021).

Baca juga: Setelah Taman Tepian Kayan, Pemuda Sulsel Kaltara Gelar Bakti Sosial di Objek Wisata Gunung Putih

Qomarudin, berencana penataan wilayah pinggir pagar hutan kota Bulungan itu, nanti ditambah ornamen replikasi perisai khas adat dayak.

"Kebetulan kan Bulungan sudah pernah mendapat piala adiwiyata ya, jadi ada juga replika adiwiyata, sama kalpataru," jelasnya kepada TribunKaltara.com.

Baca juga: Bangun Jalan Masuk, Kadis LH Bulungan Iwan Sugianta Sebut Tanjung Selor Akan Miliki Taman Konservasi

Pembangunan penataan landscape hutan kota bunda hayati itu memiliki panjang 280 meter dan memakan biaya sebesar 1,2 milliar dari dana DBH - DR (Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Kehutanan - Dana Reboisasi) anggaran tahun 2021.

Sementara itu, Qomarudin El Hami mengungkap fakta sebenarnya tujuan penataan landscape hutan kota bunda hayati, karena selama ini tidak terurus.

Proyek Pembangunan Penataan Landscape Taman Vegetasi Hutan Kota Bunda Hayati (14/09/2021).
Proyek Pembangunan Penataan Landscape Taman Vegetasi Hutan Kota Bunda Hayati (14/09/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Karena terkesan tidak terurus, dan sudah ada surat edaran dari kementrian bahwa, kabupaten yang boleh mengurus, untuk hutan kotanya, mungkin kehutanan sudah di Provinsi makanya dialihkan ke DLH Kabupaten Bulungan," katanya.

Qomarudin El Hami juga menegaskan ini tugas bersama bukan hanya DLH Kabupaten Bulungan tapi perlu adanya sikap bertanggung jawab juga dari PU (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia).

"Mungkin kedepannya setelah dikendalikan dikonservasi airnya itu, kami akan melakukan penanaman, penghijauan kembali taman kota, dari berbagai jenis pohon," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved