Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Klinik di Bulungan Sudah Bisa Jalani PCR, Dinkes Kaltara Sebut Sudah Lulus Uji Validasi Litbangkes

Klinik di Kabupaten Bulungan sudah bisa jalani PCR, Dinkes Kaltara sebut sudah lulus uji validasi Litbangkes.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Klinik Utama Kasih Bunda Apotik Muqodim di Jalan Jelarai, Tanjung Selor melayani rapid antigen dan tes PCR yang direkomendasikan Kemenkes RI (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Klinik di Kabupaten Bulungan sudah bisa jalani PCR, Dinkes Kaltara sebut sudah lulus uji validasi Litbangkes.

Salah satu klinik di Bulungan yakni Klinik Utama Kasih Bunda atau biasa disebut Muqodim, kini dapat melakukan tes polymerase chain reaction atau PCR untuk menguji virus Sars-CoV-2 atau virus corona.

Kliniki yang berlokasi di Jalan Jelarai Tanjung Selor itu, kini menambah daftar lokasi tes PCR untuk syarat perjalanan yang diakui oleh Kemenkes RI.

Baca juga: Cerita Peserta SKD CPNS Kaltara, Minta Keluarga Mendoakan Sampai Sudah Tegang Saat di Ruang Tunggu

Menurut Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy klinik tersebut sudah melalui berbagai rangkaian pengujian.

Mulai dari verifikasi dari Dinkes setempat hingga pengujian sampel hasil PCR yang kemudian divalidasi oleh Litbangkes Kemenkes.

"Untuk klinik Utama Kasih Bunda telah mendaftarkan ke Kemenkes melalui Litbangkes untuk mendapatkan izin operasional sejak lebih sebulan lalu," kata Agust Suwandy, Rabu (15/9/2021).

"Beberapa prosedur telah dilalui mulai dari verifikasi oleh Dinkes Kabupaten Bulungan, Dinkes Provinsi," tambahnya.

Baca juga: Hari Ke 2 Pelaksanaan SKD CPNS Kaltara 2021 Berjalan Lancar, Peserta Positif Covid-19 Dijadwal Ulang

Menurut Agust, validasi Litbangkes Kemenkes dilakukan dengan menguji 10 sampel negatif dan 20 sampel positif dari hasil pengujian di Laboratorium PCR milik klinik Muqodim.

"Lalu ada pengujian mutu eksternal dengan mengirim 10 sampel negatif dan 20 sampel positif yang telah diuji Lab PCR Muqodim kemudian divalidasi oleh Litbangkes," ujarnya.

"Dan dari hasil validasi dinyatakan valid dan dapat melakukan pemeriksaan PCR, baik untuk keperluan skrining maupun perjalanan, dengan surat penetapan oleh Kemenkes," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved