Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pelindo Bentuk 4 Klaster Bisnis, Sent Akan Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja & Ciptakan Investasi Baru

PT Pelabuhan Indonesia bentuk 4 klaster bisnis, Pelindo sebut akan serap lebih banyak tenaga kerja dan ciptakan investasi baru.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Pertemuan secara virtual yang dilakukan manajemen Pelindo terkait rencana Pelindo Terintegrasi lewat merger yang diterapkan 1 Oktober 2021 mendatang. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – PT Pelabuhan Indonesia bentuk 4 klaster bisnis, Pelindo sebut akan serap lebih banyak tenaga kerja dan ciptakan investasi baru.

Pasca merger, Pelindo akan membentuk empat klaster bisnis atau subholding untuk anak perusahaan-anak perusahaan yang dimiliki oleh Pelindo I-IV.

Ini disampaikan Direktur Utama Pelindo II dan Ketua OC Penggabungan Pelindo, Arif Suhartono dalam momen “Sosialisasi Integrasi PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero).

Baca juga: Bakal Pantau Pergerakan Warga Tarakan, 20 CCTV Siap Diintegrasikan ke Command Center

Dilanjutkan Arif, subholding dibentuk berdasarkan kategori bisnis.

Ke 4 subholding tersebut adalah pertama peti kemas, kedua non peti kemas, ketiga logistik dan hinterland development, dan keempat marine, equipment and port services.

“Pemfokusan klaster-klaster bisnis akan meningkatkan kapabilitas dan keahlian yang akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan melalui kualitas layanan yang lebih baik dan peningkatan efisiensi dalam penggunaan sumber daya keuangan, aset, dan SDM,” tutur Arif Suhartono.

Menurutnya anak perusahaan-anak perusahaan Pelindo I-IV selanjutnya akan ditempatkan di masing-masing Subholding berdasarkan lini bisnisnya.

Contohnya semua anak perusahaan Pelindo I-IV yang bergerak di bidang peti kemas akan masuk ke subholding peti kemas.

Pembentukan subholding dinilai tepat karena anak perusahaan-anak perusahaan tersebut akan tetap dengan identitasnya dan berdiri sendiri-sendiri.

Yang berbeda lanjutnya adalah jika sebelumnya yang bertindak sebagai parent company adalah Pelindo I, II, III atau IV.

Baca juga: Seleksi PPPK Guru di Tarakan Berakhir, Uji Kompetensi Tahap II Dijadwalkan Oktober Mendatang

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved