Berita Tarakan Terkini

Pandemi Covid-19, Ratusan Relawan PMI Tarakan Jadi Tim Disinfektan dan Distribusikan Sembako

Dikatakan Kepala UPT PMI Kota Tarakan, Hamid Amren, tema HUT PMI tahun ini “Bergerak Bersama untuk Sesama”. Ratusan sukarelawan tim disinfektan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Pelaksanaan donor darah di momen HUT ke-76 PMI ikut dilaksanakan UPT PMI Kota Tarakan dan menyediakan doorprize bagi 50 pendonor pertama yang beruntung. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Hari ini tepat 76 tahun usia Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (17/9/2021).

Berbagai hal sudah dilakukan PMI khususnya di PMI Kota Tarakan. Dikatakan Kepala UPT PMI Kota Tarakan, Hamid Amren, tema tahun ini “Bergerak Bersama untuk Sesama”.

“Dengan kebersamaan itu semua menjadi lebih ringan terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini,” jelasnya.

Baca juga: Hipakad Kaltim Gelar Aksi Donor Darah dan Pengecatan Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan

Dilanjutkan Hamid, peringatan HUT ke-76 PMI dalam rangka mengambil semangat para pendiri PMI yakni Mohammad Hatta sang proklamator.

“Kita mengambil semangat beliau melalui peringatan HUT PMI ini untuk ditularkan kepada keluarga besar PMI yang memiliki jiw relawan bekerja atas dasar kemanusiaan,” ungkap Hamid Amren yang juga saat ini menjabat sebagai Sekda Pemkot Tarakan.

Baca juga: MENDESAK! PMI Nunukan Butuhkan Stok Darah Jenis PRC, 4 Pasien RSUD Kekurangan Darah O, A, dan B

Lebih lanjut disampaikan Hamid, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran relawan PMI di tingkat kecamatan kelurahan yang sudah bekerja keras baik dalam penanganan pandemic maupun dalam hal penyediaan donor darah.

Khusus penanganan pandemi, saat ini sudah ada relawan khusus yang disiapakan baik dalam hal bertugas sebagai relawan tim pemakaman Covid-19, kemudian relawan bertugas sebagai tim disinfektan.

Pelaksanaan donor darah di momen HUT ke-76 PMI ikut dilaksanakan UPT PMI Kota Tarakan dan menyediakan doorprize bagi 50 pendonor pertama yang beruntung.
Pelaksanaan donor darah di momen HUT ke-76 PMI ikut dilaksanakan UPT PMI Kota Tarakan dan menyediakan doorprize bagi 50 pendonor pertama yang beruntung. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Ada sekitar 300-an orang untuk support untuk tim disinfektan, Termasuk yang bertugas mendistribusikan bantuan sembako. Kami hanya penyalur disumbangkan donator melalui PMI,” bebernya.

Keterlibatan PMI selama ini juga tak pernah alpa saat Kota Tarakan dilanda berbagai musibah. Mulai dari musibah kebakaran, tanah longsor, banjir, orang tenggelam, relawan PMI hadir membantu pemerintah.

Baca juga: 16 Pantun Tema Donor Darah, Bisa Jadi Ajakan agar Semangat Berdonor secara Rutin

“Termasuk memberikan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak kebakaran,” ujarnya.

Yang lebih penting adalah peran PMI dalam hal penyediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Saat ini PMI Kota Tarakan melayani RSUD Tarakan Provinsi Kaltara, melayani Rumkital Ilyas Tarakan, melayani RSAL dan RS Pertamina.

Kebutuhan darah di Tarakan sampai saat ini paling terendah mencapai sekitar 800 kantong per bulan dan tertinggi 1.200 kantong darah. Dalam rangka HUT ini, dirangkai dengan kegiatan donor darah sekaligus adanya penyediaan doorprize bagi 50 pendaftar pertama yang beruntung.

Baca juga: Bantu Warga Butuh Transfusi Darah, Kodim 0907 Tarakan Gelar Aksi Donor Darah, HUT Kodam Mulawarman

“Total sekitar 63 sampai pukul 10.00 WITA. Dan masih bisa lebih,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved