Berita Malinau Terkini

Vaksin Efektif Ringankan Perburukan Gejala Covid-19, Kadis Kesehatan Malinau Beberkan Sejumlah Fakta

Kadis Kesehatan Malinau, John Felix Rundupadang menyebut vaksin Covid-19 efektif mencegah perburukan gejala saat terinfeksi Covid-19.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Suasana pelayanan kesehatan di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Hasil evaluasi Dinas Kesehatan P2KB Malinau, sebagian besar pasien konfirmasi Covid-19 yang dirawat di RSUD Malinau tercatat belum menjalani vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, John Felix Rundupadang menyampaikan pasien konfirmasi yang dirawat di RSUD Malinau merupakan pasien yang membutuhkan perawatan dan penanganan intensif.

Baca juga: Menangani Kasus Covid-19, MUI Kaltara Imbau Ustaz Kampanyekan Protokol Kesehatan ke Masyarakat

Hal tersebut menurutnya menjadi gambaran bagaimana vaksinasi Covid-19 dapat meminimalisir perburukan gejala bagi pasien konfirmasi yang juga berpengaruh terhadap persentase bertahan hidup penderita.

“Sebagian besar pasien konfirmasi yang saat ini dirawat di RSUD Malinau punya riwayat belum divaksin.

Ini salah satu gambaran, bagaimana vaksinasi dapat meringankan perburukan gejala bagi penderita,” ujarnya, Minggu (19/9/2021).

Pasien konfirmasi yang dirawat di RSUD Malinau merupakan pasien dengan berat gejala mulai dari sedang hingga berat dan kritis.

Sedangkan yang tidak bergejala atau bergejala ringan dapat menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Alumni Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin tersebut menerangkan, vaksinasi bukan merupakan penangkal virus Corona, artinya penerima vaksin juga berisiko tertular Covid-19.

Namun, vaksinasi diyakini mampu menekan dampak tertular virus tersebut, sehingga risiko kematian dapat diminimalisir.

“Bergejala sedang, berat hingga kritis dirawat di RSUD. Dan rata-rata pasien belum divaksin.

Memang vaksinasi tidak sepenuhnya mencegah kita tertular, tapi ketika tertular efek yang diderita jauh lebih ringan dibandingkan belum menerima vaksin,” katanya.

Rata-rata pasien konfirmasi yang dirawat di RSUD belum menerima vaksinasi merupakan salah satu gambaran efektivitas vaksin untuk meringankan gejala yang diderita.

Baca juga: Percepat Cakupan Vaksinasi Covid-19, Dandim 0903 Bulungan Sebut Telah Berhasil Menyuntik 7.400 Orang

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, saat ini kasus aktif Corona di Malinau berjumlah 38 pasien.

Akumulasi kasus konfirmasi 2.668, kesembuhan 2.542 dan total kematian sebanyak 88 kasus.

Suasana pelayanan kesehatan di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu.
Suasana pelayanan kesehatan di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)
Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved