Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Gempa Berkekuatan 3,9 SR Guncang Kota Tarakan Kaltara, BMKG Akui Sempat Terjadi Gempa Susulan

Gempa berkekuatan 3,9 skala richter (SR) guncang Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara atau Kaltara, BMKG akui sempat terjadi gempa susulan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
HO/BMKG
Titik gempa yang disebar oleh BMKG, bersumber dari kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi baik di Instagram/Twitter @infoBMKG, website resmi di http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Gempa berkekuatan 3,9 skala richter (SR) guncang Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara atau Kaltara, BMKG akui sempat terjadi gempa susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya merilis kejadian gempa dan parameter gempa bumi yang terjadi pukul 20.29 WITA, Selasa (21/9/2021).

Dikatakan Tony dalam rilis persnya,
Ia membenarkan telaah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 3,9 skala richter (SR).

Baca juga: BREAKING NEWS Warga Gunung Lingkas Tarakan Akui Getaran Gempa Terasa Tiga Detik

Lanjutnya, itu terjadi pada koordinat episenter pada 3,12 Lintang Utara (LU) dan 117,66 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi 27 kilometer Tenggara Tarakan, Kalimantan Utara pada kedalaman hiposenter 10 kilo meter.

Adapun lanjutnya, jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal. "Itu akibat adanya aktivitas sesar lokal," beber Tony, Selasa (21/9/2021) malam

Adapun dampak yang dirasakan, lanjutnya, berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Tarakan dengan intensitas III-IV MMI.

" Dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," lanjutnya.

Baca juga: BPBD Tana Tidung Sebut Gunjangan Gempa Terasa di Tana Lia: Hanya Beberapa Detik Saja

Lanjutnya lagi terjadi gempa bumi susulan sekitar pukul 20.55 WITA hari ini. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di wilayah Tarakan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegasnya.

Ia meminta masyarakan memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi baik di Instagram/Twitter @infoBMKG, website resmi di http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved