Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Bupati Syarwani Beber Kendala Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bulungan, Lakukan Jemput Bola

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan kondisi geografis Bulungan menjadi salah satu faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Bupati Bulungan Syarwani 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Bupati Bulungan Syarwani mengatakan kondisi geografis Bulungan menjadi salah satu faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, lokasi Instalasi Farmasi di Tanjung Selor tempat vaksin disimpan, dengan wilayah-wilayah sasaran vaksinasi seperti tiga kecamatan di hulu yakni Peso, Peso Hilir dan Tanjung Palas Barat terlampau cukup jauh.

Selain cukup jauh, metode vaksinasi jemput bola yang kini dilakukan juga menjadi tantangan tersendiri.

Baca juga: Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Tana Tidung Sabtu 25 September 2021, Vaksinasi Door to Door di Tana Lia

"Dengan kondisi geografis Bulungan yang cukup jauh dari Tanjung Selor, seperti ke tiga kecamatan di Hulu ini menjadi kendala tersendiri," kata Bupati Syarwani, Minggu (26/9/2021).

"Dan memang ini butuh operasional tersendiri karena dengan sistem vaksinasi kita yang jemput bola hingga ke titik-titik di desa," tambahnya.

Baca juga: Akui Sempat Takut Divaksin Covid-19, Realisasi Sasaran Vaksinasi Ibu Hamil Tembus 100 Dosis Hari ini

Sehingga, pihaknya mengaku akan terus menjalin kerja sama dengan instansi lain agar kegiatan vaksinasi Covid-19 dapat berjalan lancar.

"Tentu kita bekerja sama dengan TNI Polri dan kelompok masyarakat lain yang melaksanakan vaksinasi," ujarnya.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K  saat meninjau persiapan vaksinasi merdeka di Masjid Agung Istiqomah Jln. Skip 1, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K saat meninjau persiapan vaksinasi merdeka di Masjid Agung Istiqomah Jln. Skip 1, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Kendati penuh kendala, Bupati Syarwani optimistis cakupan vaksinasi di Bulungan bisa mencapai angka di atas 50 persen pada bulan Oktober mendatang.

Mengingat berdasarkan data cakupan vaksinasi di Bulungan per tanggal 25 September, secara keseluruhan sudah ada 80.572 warga yang telah menerima vaksin dari target herd immunity di Bulungan sebesar 118.941 jiwa.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Kepada Masyarakat, Pemkab Tana Tidung Lakukan Door to Door di Kecamatan Tana Lia

Atau secara persentase, cakupan vaksinasi bagi dosis pertama telah menyentuh angka 45,16 persen, adapun untuk vaksinasi dosis kedua telah mencapai 21,9 persen.

"Target kita di atas 50 persen di bulan Oktober nanti dan vaksinasi ini masih terus berjalan," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved