Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Terjadi Ledakan dari Dalam Kamar, Dua Rumah Terbakar di Jalan Binalatung Pantai Amal Kota Tarakan,

Dua rumah diamuk si jago merah sekitar pukul 09.45 WITA pagi tadi di RT 12 Jalan Binalatung, Pantai Amal, Selasa (28/9/2021).

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Dua rumah diamuk si jago merah sekitar pukul 09.45 WITA pagi tadi di RT 12 Jalan Binalatung, Pantai Amal, Selasa (28/9/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Dua rumah diamuk si jago merah sekitar pukul 09.45 WITA pagi tadi di RT 12 Jalan Binalatung, Pantai Amal, Selasa (28/9/2021).

Dibeberkan Irwan, Kasi Pemadam Kebakaran dan Penyelematan pada dinas PMK Kota Tarakan, pihaknya menerima informasi pukul 09.45 WITA dan langsung menerjunkan personel ke lokasi TKP yang diperkirakan dari pusat kota memakan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai satu jam perjalanan.

“Kami terima informasi dari staf Kelurahan Pantai Amal. Tim kami tiba di lokasi pukul 10.10 WITA. Sekitar pukul 11.00 WITA baru selesai penanganan,” beber Irwan.

Baca juga: Kunjungi Lokasi Kebakaran Malinau Hilir, Bupati Janji Permudah Urus Dokumen Kependudukan Bagi Korban

Ia melanjutkan, adapun rumah yang terbakar milik warga RT 12 Kelurahan Pantai Amal. Sekitar 15 personel dikerahkan dan dua unit fire truck serta dua unit supply truck dan satu unit scania fire truck milik Pertamina dan serta 10 personel brotherhood dan 6 personel Tim Balakar Tarakan.

“Setelah terima info bahwa telah terjadi kebakaran, pemilik rumah Pak Aris dan Pak Tandis personel persiapan dan menuju ke lokasi,” ujarnya.

Baca juga: Kebakaran di Jalan Kesuma Hanguskan Dapur Kafe Galileo, Api Diduga dari Ledakan Kompor

Sesampainya di lokasi, personel bertugas melaksanakan pemadaman dan pendinginan pada objek yang terbakar serta dilakukan penguraian guna memastikan bahwa api benar-benar telah padam.

Adapun penyebab terjadi kebakaran pada dua rumah warga tersebut berdasarkan infomrasi diterima pihaknya, ada saksi mata mendengar ledakan berasal dari salah satu lampu penerangan dari dalam salah satu kamar rumah rumah tersebut.

Proses pendinginan dilakukan personel PMK Kota Tarakan, Selasa (28/9/2021).
Proses pendinginan dilakukan personel PMK Kota Tarakan, Selasa (28/9/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI PMK KOTA TARAKAN)

“Dan setelah tim fire rescue selesai pemadaman bahwa dugaan sementara terjadi konsleting arus pendek dan masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” ujarnya.

Ia mengakui, untuk kendala di lapangan, akses jalan menuju kelokasi kejadian kebakaran dalam kondisi jalan yang berlubang dan tanjakan.

Baca juga: Seusai Dinas Luar Kota, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang Sambangi Korban Kebakaran di Tarakan

“Itu salah satu penghambat laju kendaraan PMK, dengan saat ini kondisi kendaraan PMK 30 persen, dan pada saat di pertengahan jalan sempat terhambat dengan kendaraan lain ketemu truk muatan rumput laut yang terperosok di tengah jalan,” ujarnya.

Sehingga lanjutnya, PMK terlebih dahulu mengevakuasi kendaraan truck tersebut agar kendaraan PMK dapat melintas menuju ke lokasi kejadian kebakaran.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan agar selalu berhati-hati dan tidak menambah beban daya pada listrik agar tidak mengalami panas yang berlebihan dan mengakibatkan kebakaran pada rumah.

Baca juga: 7 Keluarga Korban Musibah Kebakaran di Malinau Hilir, Berikut Rincian Kerugian Serta Warga Terdampak

“Dan selalu memperhatikan dalam perawatan instalasi listrik. Untuk korban jiwa nihil,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved