Kabar Artis

Hotman Paris Tak Terbukti Langgar Kode Etik Advokat, Aduan Suami Desiree Tarigan Ditolak PERADI

“Dr Hotman Paris Hutapea S.H., M.Hum tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik advokat,” kata ketua majelis hakim.

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Amiruddin
TribunKaltara via TribunMedan
ILUSTRASI - Kuasa hukum Desiree Tarigan, Hotman Paris dilaporkan Hotma Sitompul ke Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). 

TRIBUNKALTARA.COM – Pengacara Hotman Paris dinyatakan tak bersalah atas aduan Hotma Sitompul perihal pelanggaran kode etik advokat saat mendampingi kasus Desiree Tarigan.

Putusan tersebut dibacakan di persidangan Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) DKI Jakarta yang digelar secara virtual pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Hotma Sitompul dan Desiree Tarigan Putuskan Berdamai, Sepakat Kembalikan Lahan dan Beri Aset Vila

“Dr Hotman Paris Hutapea S.H., M.Hum tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik advokat,” kata ketua majelis hakim, Jack Rudolf dikutip TribunKaltara dari kanal YouTube Seleb Oncam News.

Selain itu, Rudolf juga membebankan biaya administrasi perkara kepada pihak pengadu, yakni Hotma Sitompul sebesar Rp 5 juta.

“Empat, menghukum pengadu untuk membayar biaya perkara sebesar 5 juta rupiah,

Demikian putusan ini dibuat dalam rapat musyawarah majelis  tanggal 17 September 2021,” pungkas Rudolf.

Seperti diketahui, Hotma Sitompul beserta rekannya, Partahi Sihombing dan Muara Karta Simatupang mengadukan Hotman Paris, pengacara ibunda Bams eks Samson ke PERADI.

Aduan tersebut merupakan buntut prahara rumah tangga Hotma Sitompul dengan Desiree Tarigan, yang kini merembet ke kuasa hukum masing-masing.

Partahi dan Muara memasukkan aduan ke Komisi Pengawas Advokat terhadap Hotman Paris yang disebut telah melakukan pelanggaran kode etik pengacara.

“Apa yang kami adukan adalah pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh saudara Hotman Paris terhadap klien kami Hotma Sitompul,” kata Partahi dikutip TribunKaltara.com dari YouTube KH Infotainment, Selasa (13/4/2021).

Laporan terhadap Hotman Paris tersebut sudah resmi dimasukkan ke Peradi pada 12 April 2021.

Aduan ini merupakan buntut dari peringatan yang sebelumnya telah disampaikan pihak Hotma sejak menggelar konferensi pers beberapa waktu lalu.

Peringatan tersebut ditujukan pada Hotman Paris Hutapea agar tidak membuat pernyataan yang memojokkan kliennya dalam hal ini suami Desiree.

“Peringatan-peringatan kepada saudara Hotman Paris untuk tidak mengeluarkan statement yang memojokkan, mengolok-olok, memprovokasi, mengekspose ini menjadi konusmi publik,” imbuhnya.

Baca juga: Siap Lawan Hotma Sitompul, Hotman Paris Beberkan Alasan Ogah Mundur Jadi Kuasa Hukum Desiree Tarigan

Pernyataan Hotman Paris tersebutlah yang membuat Hotma geram hingga mengambil langkah tegas.

“Ini adalah follow up dari apa yang kami sampaikan pada waktu itu dengan pak Muara Karta dan pak Tommy dan kami nggak main-main, janji itu kami laksanakan,” jelas Partahi.

Tak berlangsung lama dari dari laporan suami Desiree Tarigan, Hotma Paris diketahui juga mengadukan Hotma Sitompul ke PERADI atas perkara serupa.

(TribunKaltara.com/Titik Wahyuningsih)

 
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved