Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Dua Bangunan di Kota Samarinda Hangus Terbakar, Enam Orang Kehilangan Tempat Tinggal 

Musibah kebakaran di daerah pemukiman Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (29/9/2021), pukul 23.50 WITA. Dua banguan terbakar.

Editor: Junisah
Dua Bangunan di Kota Samarinda Hangus Terbakar, Enam Orang Kehilangan Tempat Tinggal 
TRIBUNKALTIM.CO/ HO-Disdamkar Kota Samarinda
Api yang melahap 2 bangunan di KS Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu berhasil dipadamkan pukul 00.30 WITA, Kamis (30/9/2021)

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Terjadi musibah kebakaran di daerah pemukiman Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (29/9/2021), pukul 23.50 WITA.

Warga dikagetkan dengan adanya kobaran api yang membumbung tinggi di Jalan KS Tubun KS. Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu.

Tak lama kemudian Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda dibantu PMK relawan mendatangi lokasi kebakaran.

Baca juga: Aduan Kebakaran di Malinau Hilir Terkendala Jaringan Internet, Bupati Beber Pentingnya Respon Cepat

Kobaran api dengan cepat membesar, Tim Disdamkar dan relawan langsung memadamkan api,

Sekitar pukul 00.30 Wita, Kamis (30/9/2021) dini hari kobaran api baerhasil dipadamkan. 

Baca juga: Temui Korban Kebakaran di Tarakan, Gubernur Kaltara: Kita Wajib Menolong Warga yang Ditimpa Musibah

Plt Kepala Disdamkar Kota Samarinda Makmur Santoso menerangkan, api cepat membesar lantaran sebagian besar bangunan terbuat dari material kayu.

"Jadi ada 2 bangunan. Yaitu 1 Rumah tunggal dan 1 kontrakan 6 pintu. Jadi ada 2 KK, 6 jiwa. Itu data sementara yang kita terima," jelasnya kepada TribunKaltim.co, saat ditemui usai pemadaman.

Api yang melahap 2 bangunan di KS Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu berhasil dipadamkan pukul 00.30 WITA, Kamis (30/9/2021) dini hari.
Api yang melahap 2 bangunan di KS Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu berhasil dipadamkan pukul 00.30 WITA, Kamis (30/9/2021) dini hari. (TRIBUNKALTIM.CO)

Dalam upaya pemadaman, Makmur Santoso menyebut ada 10 unit dari 2 posko Disdamkar yang diturunkan, dibangu dengan puluhan unit para relawan yang ada di Kota Samarinda.

"Proses pemadaman cukup singkat karena pos-pos pemadam kita dekat. Dibantu juga relawan," ucapnya.

Baca juga: Kunjungi Lokasi Kebakaran Malinau Hilir, Bupati Janji Permudah Urus Dokumen Kependudukan Bagi Korban

"Namun kendalanya memang sumber air terbatas. Banyak juga warga yang menonton dan memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat jadi menyulitkan mobil pemadam masuk," lanjutnya.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

"Penyebab pasti kebakaran masih diselidiki pihak kepolisian. Cuma kalau kami melihat dari nyala api, kemungkinan besar dari arus pendek listrik," bebernya.

Baca juga: 7 Keluarga Korban Musibah Kebakaran di Malinau Hilir, Berikut Rincian Kerugian Serta Warga Terdampak

"Jadi harapan kita warga masyarakat bisa selalu waspada. Perhatikan peralatan memasak, juga gunakan kabel listrik sesuai standar. Apalagi di KS Tubun ini juga padat penduduk dengan rumah yang berdempetan," pungkasnya.

(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved