Breaking News:

Aturan Penggunaan e-Meterai Rp 10.000 yang Berlaku per Oktober 2021, Simak Penjelasannya

Berikut ini aturan penggunaan meterai elektronik atau e-meterai nominal Rp 10.000 yang resmi berlaku mulai 1 Oktober 2021.

Editor: N Anastasia
Arsip Direktorat Jenderal Pajak
Tampilan e-Meterai Rp 10.000 yang resmi berlaku per Oktober 2021. 

TRIBUNKALTARA.COM - Berikut ini aturan penggunaan meterai elektronik atau e-meterai nominal Rp 10.000 yang resmi berlaku mulai 1 Oktober 2021.

Adapun terdapat aturan pembayaran bea meterai menggunakan meterai elektronik.

Kemudian, payung hukum pelaksanaan meterai elektronik tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Pengadaan, Pengelolaan, dan Penjualan Meterai.

Beleid ini sudah berlaku sejak tanggal 19 Agustus 2021.

Baca juga: Kode Redeem Mobile Legends Minggu 3 Oktober 2021, Klaim Kode ML sebelum Kehabisan

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktorat Jenderal Pajak telah bekerjasama dengan Perum Peruri untuk mewujudkan meterai elektronik.

"Sekarang dipaksa oleh keadaan karena kita tidak bisa bertemu secara fisik. Banyak sekali transaksi beralih di dalam platform digital."

"Di dalam waktu kurun selama hampir satu tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak menyiapkan persiapan dari sisi technical mapun dari sisi aplikasi bekerjasama dengan Perum Peruri untuk bisa mewujudkan apa yang disebut e materai atau materai elektronik. "

"Sehingga pada hari ini, kita Alhamdulillah, bisa meluncurkan secara resmi apa yang disebut materai elektronik atau e materai," ucap Sri Mulyani saat Peluncuran Meterai Elektronik, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Minggu (3/10/2021).

Meterai yang khusus dipakai untuk dokumen elektronik itu berlaku mulai 1 Oktober 2021.

Aturan dan Tampilan Meterai Elektronik

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved