Breaking News:

Berita Internasional Terkini

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Batal Calonkan Diri Jadi Wapres, Buka Peluang Putrinya di Pilpres

Presiden Filipina Rodrigo Duterte batal mencalonkan diri sebagai wakil presiden (Wapres) pada Pilpres Filipina 2022 mendatang.

Editor: Sumarsono
IST/Freepik.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte batal mencalonkan diri sebagai wakil presiden (Wapres) pada Pilpres Filipina 2022 mendatang.

Presiden Duterte resmi mengumumkan, dirinya mundur atau pension dari dunia perpolitikan Filipina pada hari Sabtu (2/10/2021).  Demikian laporkan PBS seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Pengunduran diri Duterte dari dunia politik dinilai sejumlah pengamat politik di Filipina sebagai upaya membuka jalan bagi putrinya, Sara Duterte yang akan maju pada pemilihan presiden (Pilpres) Filipina.

Duterte menyampaikan alasannya mundur dari politik, di antaranya dia menyebut, banyak pihak yang menolak terhadap pencalonannya sebagai wakil presiden.

Baca juga: Cerita Aktris Filipina Dinikahi Pengusaha Asal Swiss, Pakai Baju Pengantin Seharga Rp 89 Ribu

"Sentimen yang luar biasa dari orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat, dan itu akan menjadi pelanggaran konstitusi," kata Duterte.

Dirinya akan mengikuti apa yang mereka inginkan. “Dan hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," tegasnya.

Pernyataan Duterte yang mundur dari dunia politik secara mengejutkan setelah menemani mantan ajudan lamanya, Senator Bong Go, mendaftarkan pencalonan sebagai wakil presiden di bawah partai yang berkuasa ke Komisi Pemilihan.

Pemimpin Filipina berusia 76 tahun itu, dikenal karena sosok Presiden tindakan keras melawan narkoba.

Sebelumnya Duterte sempat menerima pencalonan sebagai wakil presiden untuk pemilihan 9 Mei 2022 mendatang.

Namun, keputusan itu membuat banyak lawan politiknya marah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved