Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Momen Meriahkan HUT ke-75 Bea Cukai, Lepas Perdana Ekspor Ikan Bandeng Beku 25 Ton ke China

Momen meriahkan HUT ke-75 Bea Cukai, lepas perdana ekspor ikan bandeng beku 25 ton ke China.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Kegiatan pelepasan ekspor perdana perikanan menggunakan mobil container di Pelabuhan Malundung, Senin (4/10/2021). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Momen meriahkan HUT ke-75 Bea Cukai, lepas perdana ekspor ikan bandeng beku 25 ton ke China.

Momen Hari Bea Cukai ke-75 tahun 2021 dirayakan dengan kegiatan pelepasan ekspor perdana produk perikanan yang ada di Kota Tarakan, Senin (4/10/2021) hari ini.

Baca juga: Makam Belum 3 Bulan Potensi Infeksius, Satgas Covid-19 Tarakan tak Izinkan Keluarga Pindahkan Jasad

Kegiatan pelepasan ekspor perdana ini merupakan upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEM).

Dikatakan Minhajuddin Napsah, Kepala KPPBC TMP B Tarakan, kegiatan ekspor perdana ini diinisiasi oleh PT Tarakan Fiserindo Sipatuo.

Adapun produk perikanan yang dilepas berupa ikan bandeng beku dan diekspor ke negara tujuan yakni China.

Dikatakan Minhajuddin Napsah, produk perikanan yang diekspor berupa frozen milk fish (ikan bandeng beku) sebanyak 2.500 carton dengan berat 25 ton dengan nilai ekspor mencapai USD 36.456.

Baca juga: Data Makam Berpotensi Terdampak Longsor di Tarakan Tambah jadi 38, Ada Prosesi Keagamaan saat Pindah

“Kegiatan ini merupakan hasil sinergi Bea Cukai Tarakan bersama Balai Kantina Ikan, Pegendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Tarakan, kemudian Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tarakan dan Disdagkop Tarakan lewat tindak lanjut MoU,” beber Minhajuddin.

Ia melanjutkan, ini sama dengan visi dan misi yang dimiliki KPPBC TMP B Tarakan, dalam upaya meningkatkan devisa hasil ekspor Kota Tarakan terutama terkait produk hasil perikanan asal Kota Tarakan yang diharapkan memberikan dampak peningkatan perekonomian di Kota Tarakan.

“Jadi perusahaan ini baru pertama kali ekspor keluar dari Tarakan tujuan China dan sebelumya belum pernah langsung ekspor ke sana. Dan coba kita lakukan dan alhamdulillah bisa terwujud,” ujarnya.

Dalam proses realisasinya sendiri lanjut Minhajuddin, PT Tarakan Fiserindo Sipatuo dalam hal ini, sudah diinstruksikan membentuk tim termasuk dari KPPBC TMP B Tarakan.

Baca juga: Wali Kota Tarakan dr Khairul Sebut Jenazah Boleh Dipindahkan Asal Sudah Melewati 3 Bulan Pemakaman

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved