Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

DPRD Dukung Bupati Bulungan Syarwani Segera Tetapkan Keputusan Pemindahan Ibu Kota ke Tanjung Palas

DPRD Bulungan dukung Bupati Bulungan Syarwani segera tetapkan keputusan pemindahan Ibu Kota Bulungan ke Tanjung Palas.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Bupati Bulungan Syarwani beserta jajaran DPRD di Ruang Sidang Datu Adil saat hadiri Rapat Paripurna Ke-7 Masa Persidangan III Tahun 2021 tentang peringatan hari jadi Tanjung Selor Ke-231 dan Kabupaten Bulungan ke-61. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - DPRD Bulungan dukung Bupati Bulungan Syarwani segera tetapkan keputusan pemindahan Ibu Kota Bulungan ke Tanjung Palas.

DPRD mendukung Bupati Bulungan Syarwani untuk segera melakukan kajian dan meminta masukan dari pemerintah pusat tentang pemindahan ibukota Kabupaten Bulungan ke Tanjung Palas

“Perlu kita lakukan kajian bersama dengan pemerintah pusat, sekaligus mendukung DOB Kota Tanjung Selor, sehinga makin cepat dilakukan maka cepat juga pergeseran Ibu Kota Kabupaten Bulungan ke wilayah seperti usulan DPRD ke Tanjung Palas,” ungkapnya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Peringati HUT Tanjung Selor, AKBP Ronaldo Maradona Siregar: Secara Umum Kamtibmas di Bulungan Aman

Hal ini sesuai ketetapan ibukota Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Undang Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2012 yang berisikan tentang pembentukan Tanjung Selor sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Bupati Bulungan Syarwani dan Wakil Bupati Ingkong Ala saat foto bersama dengan jajaran anggota DPRD Kabupaten Bulungan di Ruang Sidang Datu Adil Senin (11/10/2021).
Bupati Bulungan Syarwani dan Wakil Bupati Ingkong Ala saat foto bersama dengan jajaran anggota DPRD Kabupaten Bulungan di Ruang Sidang Datu Adil Senin (11/10/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Syarwani mengatakan, saran dan masukan dari DPRD Bulungan ini jadi bagian dari upaya percepatan kota Tanjung Selor sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kaltara.

"Ya tentu penetapan ini kan tidak hanya serta merta merespon tentu juga kajian strategi layak dengan pemerintah pusat," terangnya.

Lebih lanjut, pemindahan Ibukota Bulungan ke Tanjung Palas maka tidak perlu dilakukan pemekaran wilayah baru berupa kecamatan dan desa, karena 10 kecamatan sudah memenuhi kriteria kelengkapan wilayah untuk sebuah kabupaten.

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Bulungan di Tengah Pandemi Covid-19, Kapolres: Pelaksanaannya Akan Dikaji Ulang

“Jadi tidak perlu ada pemekaran lagi untuk kabupaten Bulungan karena syarat itu masih terpenuhi secara fisik. Yang harus dipenuhi itu syarat DOB kota Tanjung Selor,” ujarnya.

Syarwani tekankan, bahwa beberapa tahun kedepan menjadi penyanggah ibukota provinsi, Bulungan harus siap menangkap potensi dan peluang salah satunya Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi.

“Kemudian bagaimana mengoptimalkan nanti dengan kemampuan dengan penyiapan kawasan pangan itu sendiri,” paparnya.

Baca juga: Semarakan Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Anggota Dewan Gunakan Pakaian Adat Daerah

Sementara itu, Syarwani pun telah menyampaikan kepada Kementerian Pertanian tentang usulan penyiapan kawasan pangan di Bulungan.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

Subscribes YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved