Breaking News:

Manfaat Wortel

Tinggi Antioksidan, Wortel Ungu Diklaim Mampu Cegah Kanker Payudara, Simak Penjelasannya

Melansir dari Healthline manfaat wortel ungu dalam pencegahan kanker ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang lebih tinggi daripada wortel oranye

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Amiruddin
Flickr
Sayuran wortel dengan dua warna, ungu dan oranye. 

TRIBUNKALTARA.COM – Wortel ungu merupakan jenis sayuran akar yang mungkin saat ini jarang ditemui.

Namun siapa sangka wortel ungu ini justru diklaim lebih efektif menurunkan risiko kanker payudara daripada varian oranye yang kita jumpai sehari-hari.

Baca juga: Selain Berkhasiat untuk Mata, Wortel Juga Bermanfaat Redakan Nyeri Otot, Begini Cara Membuatnya

Melansir dari Healthline, manfaat wortel ungu dalam pencegahan kanker ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang lebih tinggi daripada wortel oranye.

Antioksidan yang terdapat dalam wortel ungu ini termasuk dalam antioksidan polifenol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Menambahkan wortel ungu dalam menu makanan harian dapat melindungi tubuh dari timbulnya peradangan atau inflamasi dalam tubuh.

Antosianin bertindak sebagai agen anti-inflamasi dengan mengurangi senyawa yang berpotensi berbahaya bagi tubuh seperti sitokin pro-inflamasi.

Cegah kanker

Studi menunjukkan bahwa antioksidan kuat yang ditemukan dalam wortel ungu memiliki sifat melawan sel-sel pencetus kanker.

Sebuah penelitian terhadap anthocyanin menunjukkan bahwa kandungan tersebut mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, hati, kulit, darah dan usus besar.

Sebuah tinjauan terhadap sepuluh penelitian pada 141.187 wanita mengaitkan asupan tingi semua jenis wortel dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 21%.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved