Breaking News:

Berita Pemprov Kaltara

Serahkan Bantuan Keuangan, Gubernur Kaltara Harap Parpol Jadi Pelopor Penanganan Pandemi Covid-19

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan (bankeu) parpol tahap pertama di Gedung Gadis.

Editor: Amiruddin
Foto: Biro Adpim Pemprov Kaltara
Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di sela acara penyerahan bantuan keuangan (bankeu) parpol tahap pertama di Gedung Gadis, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Salah satu fungsi dibentuknya partai politik (parpol) adalah sebagai institusi politik yang bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada kader maupun kepada masyarakat luas.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Utara ( Kaltara ), Drs H Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum saat memberi pidato sambutan pada acara penyerahan bantuan keuangan ( bankeu ) parpol tahap pertama di Gedung Gadis, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Hebat, Kalimantan Utara Borong Tiga Penghargaan BKN Award 2021

Disebutkan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, bankeu kepada parpol tingkat provinsi dilaksanakan dalam II tahap.

Pencairan tahap satu dilaksanakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara tahun anggaran 2021 sebesar Rp.760.694.400. sementara pencairan tahap II dilaksanakan pada Perubahan APBD 2021 sebesar Rp.1.739.305.559,68.

Menurutnya, parpol merupakan elemen penting dalam negara demokrasi.

Tidak hanya berperan pada proses politik, tetapi juga mampu memberikan kontribusi dalam memecahkan persoalan di masyarakat khususnya pada masa pandemi yang terjadi saat ini.

Dengan kata lain, posisi partai sesungguhnya strategis yang memiliki fungsi penyalur aspirasi dan kepentingan masyarakat maupun berperan sebagai agen sosialisasi.

Termasuk sosialisasi atas kebijakan pemerintah khususnya yang berkaitan dengan peraturan tentang penangganan Covid-19.

"Tidak hanya pemerintah yang ditantang untuk menangani pandemi Covid-19, tetapi partai politik juga memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi memeranginya," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Ia menjelaskan, bankeu yang diberikan kepada parpol bersumber dari APBD setiap tahunnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved