Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Dibuka untuk Umum, Rumah Raya Kesultanan Bulungan Bakal Terus Menjadi Ikon, Ini Tanggapan Kerabat

Dibuka untuk umum, Rumah Raya Kesultanan Bulungan bakal terus menjadi ikon, ini tanggapan kerabat Kesultanan Bulungan.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Bupati dan Wakil Bupati Bulungan Beserta Pemimpin Jajaran Kabupaten Bulungan hadir di Situs Rumah Raya Kesultanan Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR -Dibuka untuk umum, Rumah Raya Kesultanan Bulungan bakal terus menjadi ikon, ini tanggapan kerabat Kesultanan Bulungan.

Rumah Raya (Rumah Besar Kesultanan Bulungan), yang berada di Jalan Kasimuddin, Kecamatan Tanjung Palas, Bulungan bakal terus dikembangkan dengan dana Swadaya para anggota pengurus situs warisan budaya tradisional tersebut.

Baca juga: Lestarikan Budaya Lokal, Bupati Bulungan Syarwani Minta ada Muatan Lokal Bahasa Daerah di Sekolah

"Ingin mengangkat, kembali situs-situs suku Bulungan, supaya timbul ada ikon yang ada di Kabupaten Bulungan," kata Lestari Siska Penanggung Jawab Hidangan Tradisional di Situs Rumah Raya Kesultanan Bulungan.

"jadi ini rumah Almarhum Datu Perdana, yaitu pada masa kerajaan menteri ke 2, di kerajaan Sultan Muhammad Jalaudin, dan beliau juga mendirikan kantor agama di Kabupaten Bulungan," tambahnya kepada TribunKaltara.com Jumat (15/10/2021).

Begitu juga, fungsi Situs Rumah Raya Kesultanan Bulungan menjadi untuk event pertemuan Birau setiap tahunnya bahkan ritual adat asli Bulungan.

"Yang baru ini, silahturahmi dan pemberian gelar, dan rumah ini kami buka untuk umum, siapapun tamu-tamu ingin berkunjung dipersilahkan," terangnya.

Lestari Siska juga berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara supaya kita mendapat perhatian khusus bantuan bisa direnovasi seperti sedia kala.

"Kalau di fungsikan menjadi museum, kita ke keluarga dulu, kembali ke Yayasan Rumah Raya, karena ini dikelola Swadaya Keluarga Besar Datu Perdana," tuturnya.

Baca juga: Mengenal Panganan Khas Bulungan, Kue Gula Tarik Dibuat Orang Terpilih & Tak Boleh Bicara Kasar

Diketahui, dalam ruangan Situs Rumah Raya Kesultanan berupa Kamar Kerja, Kamar Tidur, Dapur.

"Karena kami fungsikan sebagai pertemuan saja, kami juga setiap Minggu lakukan bersih-bersih," tutupnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved