Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Fish Cookies Olahan Ikan Tenggiri, Oleh-oleh Khas Bulungan yang Diminati Warga Luar Kalimantan Utara

Eka Susilawati selaku pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM )  bernama Maju Bersama memiliki produk olahan hasil laut berupa kue ikan.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Fish cookies produk olahan dari ikan tengiri khas Bulungan. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Eka Susilawati selaku pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM )  bernama Maju Bersama memiliki produk olahan hasil laut berupa kue ikan.

"Komposisi yang utama pasti bahan kue pada umumnya, cuman karena kita punya varian berbeda yaitu ikan, kita pakai ikan tengiri mencapai 30 persen," ungkap Eka Susilawati kepada TribunKaltara.com.

Baca juga: Pemprov dan BI Kaltara Bersinergi Dorong Pelaku UMKM Melek Digital

Diketahui hadirnya barang dagangan khas Bulungan yang dipamerkan hari ini, mengikuti rangkaian acara Focus Group Discussion dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara.

"Kalau bulan seperti ini lagi musim, selain bikin kue ikan, kami juga buat olahan bakso ikan, pempek ikan, dari produk olahan ikan tengiri," tuturnya.

Begitu juga rangkaian acara dari (DPMPTSP) turut dihadiri sejumlah perwakilan tingkat kabupaten/kota di Kaltara.

Acara tersebut mengusung tema, "Melalui Pemberian Fasilitas, di Bidang Penanaman Modal, dan Promosi Potensi Daerah Dapat Meningkatkan Investasi Kaltara." 

"Ini produk oleh-oleh yang pernah dibeli orang dari luar kota paling laris, ke Jawa dan Sumatra, mereka juga sering datang ke rumah produksi kami sebagai oleh-oleh," terangnya.

Selain produk UMKM Maju Bersama turut hadir juga berbagai para pelaku UMKM se-Kalimantan Utara ada juga Galeri Batik SLB Kaltara dan Perusahaan PMA/PMDN ikut meramaikan rangkaian acara tersebut.

"Kalau sehari kami bisa sampai 50 kotak kue ikan ini, sudah kami pasarkan juga di ruang lingkup supermarket dan toko oleh-oleh di Bulungan," jelasnya.

Baca juga: Hadapi Era Digitalisasi di Masa Pandemi, Wabup Nunukan Akui UMKM Gunakan E-Commerce Pasarkan Produk

Produk olahan Maju Bersama dari rumahan ini, ternyata sudah memegang sertifikat halal, dan aturan layak konsumsi dari Dinas Kesehatan Bulungan dan BPOM Kota Tarakan.

"Karena ini produk premium, kami sudah punya sertifikat dan layak jual dari BPOM, kita jual Rp 40 ribu," tutupnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved