Breaking News:

Opini

Penguatan Konsep Green dan Forest City di Ibu Kota Negara 'Sepakunegara' dengan Green Economy

GREEN CITY merupakan konsep yang akan diterapkan dalam menata dan membangun Ibu Kota Negara di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Editor: Sumarsono
HO
Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr Isradi Zainal berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. 

Oleh : Dr. Isradi Zainal

Rektor Uniba, Ketua PII Kaltim, Sekjen FDTI, Sekjen Forum Rektor PII

TRIBUNKALTARA.COM - GREEN CITY merupakan konsep yang akan diterapkan dalam menata dan membangun Ibu Kota Negara (IKN) yang berlokasi di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara atau dikenal dengan Sepakunegara.

Menurut rencana konsep ini akan dipadukan dengan konsep kota yang smart, forest, sustainble dan blue.

Green city atau kota hijau didefinisikan sebagai penataan dan pembangunan kota yang berpihak pada prinsip pembangunan kota yang berkelanjutan.

Menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasiona (PPN/Bappenas), salah satu alasan pemindahan IKN adalah karena pemerintah berencana mencanangkn konsep green dan forest city (living with nature).

Baca juga: Rektor Uniba Diskusi dengan Menteri PUPR & Waketum PII, Isradi Tawarkan Konsep Blue City di IKN Baru

Konsep ini menerapkan ruang terbuka hijau minimal 50 persen dari total luas area yang meliputi taman rekreasi, taman hijau, kebun binatang, botanical garden, dan sport complex.

Kawasan tersebut terintegrasi dengan bentang alam yang ada seperti kawasan berbukit dan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta struktur topografi.

Selanjutnya pemanfaatan energi terbarukan dan rendah karbon (solar energy, gas, dsb) untuk power and gas supply, efficient power grid, street and building lighting.

Dalam penerapannnya untuk efisiensi dan konservasi energy, maka diperlukan green building design melalui sistem manajemen circular water management system, dan district cooling system, (Youth Talk, 20/8/2019).

Sekjen FDTI /Rektor Uniba Dr Isradi Zainal jadi narasumber webinar FGD Hakteknas ke-26 yang digelar secara virtual, Selasa (10/8/2021)
Sekjen FDTI /Rektor Uniba Dr Isradi Zainal jadi narasumber webinar FGD Hakteknas ke-26 yang digelar secara virtual, Selasa (10/8/2021) (IST)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved