Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Buka Rakor Kompetensi Jabatan Fungsional, Jauhar Sampaikan Langkah-langkah Penyetaraan Birokrasi

Pemprov Kaltim melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional.

Editor: Sumarsono
IST
Asisten 1 Setdaprov Kaltim mewakili Wakil Gubernur Hadi Mulyadi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional yang berlangsung di Hotel Santika, Surabaya. 

TRIBUNKALTARA, SURABAYA - Presiden Joko Widodo pada saat melantik para Menteri Kabinet Kerja II akhir 2019 lalu telah mengeluarkan kebijakan untuk menyederhanakan birokrasi, dengan cara memangkas jabatan struktural.

Tujuannya tentu sangat baik, yakni agar pelayanan publik lebih cepat dan tidak memakan waktu yang cukup lama.

Namun, dalam praktiknya, kebijakan tersebut tidak bisa dilakukan serta merta. Harus dilakukan  kajian mendalam, dengan memperhatikan kondisi "unique" di lapangan.

Tantangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota tentu saja berbeda-beda. Bahkan, bisa jadi perbedaannya sangat jauh.

Asisten 1 Sektaprov Kaltim HM Jauhar Effendi menyerahkan cenderamata kepada narasumber di Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional yang berlangsung di Hotel Santika, Surabaya.
Asisten 1 Sektaprov Kaltim HM Jauhar Effendi menyerahkan cenderamata kepada narasumber di Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional yang berlangsung di Hotel Santika, Surabaya. (IST)

“Kementerian Dalam Negeri sebagai poros rujukan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, sepengetahuan saya juga belum melakukan langkah-langkah perampingan organisasi,” ujar Dr. HM Jauhar Effendi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kaltim saat membuka Rakor Kompetensi Jabatan Fungsional, di Hotel Santika, Surabaya, Rabu (20/10/2021).

Untuk melakukan langkah-langkah antisipatif  tersebut, Pemprov Kaltim melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional yang berlangsung di Hotel Santika, Surabaya.

Tema yang diusung cukup spesifik, "Pengembangan Kompetensi Jafung Pasca Pemberlakuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional".

Selaku Asisten I, Jauhar Effendi membuka rakor mewakili Wakil Gubernur Kaltim sekaligus memberikan arahan untuk melakukan langkah-langkah penyetaraan.

Berikut 4 langkah yang perlu dilakukan BPSDM:

1.Melakukan identifikasi jabatan administrasi pada unit kerja

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved