Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Sempat Terkendala Distribusi, Satgas Malinau Maksimalkan Vaksinasi di Apau Kayan November Ini

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau akan memaksimalkan distribusi vaksin bagi masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pengiriman logistik dan perlengkapan medis dari Bandara Kol RA Bessing Malinau Kota ke wilayah Apau Kayan Perbatasan RI-Malaysia, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau akan memaksimalkan distribusi vaksin bagi masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Saat ini Dinas Kesehatan P2KB Malinau sedang merampungkan vaksinasi untuk peserta didik untuk menjamin kelancaran pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Vaksinasi siswa ditarget rampung pada akhir bulan Oktober 2021. Selanjutnya peruntukan vaksin akan kembali dimaksimal bagi masyarakat umum termasuk warga di wilayah Apau Kayan, perbatasan RI-Malaysia.

Baca juga: Kunjungi Perbatasan, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Sebut Masyarakat Apau Kayan Butuh Bantuan Oksigen

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Malinau, dr. John Felix Rundupadang.

"Saat ini kita berupaya menyelesaikan vaksinasi untuk peserta didik, dijadwalkan selesai bulan ini. Kemudian akan kita maksimalkan untuk masyarakat umum, termasuk di wilayah Apau Kayan," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Update Covid-19 di Apau Kayan, 19 Karyawan PLBN Terpapar Virus Corona, 3 Dirawat di RSP Long Ampung

Sebelumnya distribusi vaksin ke kecamatan wilayah pedalaman termasuk perbatasan RI-Malaysia terkendala pengiriman yang mengandalkan moda transportasi udara.

Menurut John Felix Rundupadang, saat ini pengiriman logistik telah mendapat dukungan dari pihak maskapai sehingga memudahkan pengiriman ke wilayah tersebut.

Pengiriman logistik dan perlengkapan medis dari Bandara Kol RA Bessing Malinau Kota ke wilayah Apau Kayan Perbatasan RI-Malaysia, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.
Pengiriman logistik dan perlengkapan medis dari Bandara Kol RA Bessing Malinau Kota ke wilayah Apau Kayan Perbatasan RI-Malaysia, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

"Saat ini sudah ada keringanan dari maskapai untuk pengiriman vaksin ke wilayah perbatasan. Untuk wilayah Apau Kayan kita akan maksimalkan di bulan November ini," katanya.

Wilayah Apau Kayan menjadi prioritas penyelesaian vaksinasi di Malinau dikarenakan lonjakan kasus yang sempat terjadi pada bulan Juli 2021 lalu.

Baca juga: UPDATE Kasus Corona di Perbatasan RI-Malaysia, Ketua Adat Besar Apau Kayan Sebut Situasi Mulai Pulih

Upaya tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak akibat kejadian yang sempat mengakibatkan sekira 600 warga terpapar Covid-19 tersebut terulang.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved