Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Hasil PCR Ratusan PMI Belum Keluar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Nunukan Imbau Petugas Perketat Prokes

Hasil swab PCR ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) hingga kini belum keluar, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan imbau prokes.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Ratusan PMI antre sarapan pagi di Rusunawa, Kecamatan Nunukan Selatan, Jumat (22/10/2021), pagi. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Hasil swab PCR ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) hingga kini belum keluar, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, dr Baharullah imbau petugas di Rusunawa perketat protokol kesehatan Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 193 PMI dideportasi dari Tawau, Malaysia ke ke Indonesia melalui Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (21/10), sore.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tunon Taka Nunukan, dr Barullah, mengatakan, ratusan PMI tersebut telah mengantongi hasil negatif swab PCR dari Tawau.

Baca juga: Ada 4 PMI Masih Ditahan di Depot Tahanan Imigresen Tawau, BP2MI Nunukan Beber Alasannya

Kendati begitu, saat tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, mereka wajib melakukan pemeriksaan swab PCR yang dilakukan oleh KKP.

"Walaupun sudah di swab PCR di Tawau tiba di Nunukan juga harus PCR lagi. Itu syarat bagi pelaku perjalanan dari luar negeri. Kemarin mau magrib baru selesai kami periksa sampel ratusan PMI itu," kata dr Baharullah kepada TribunKaltara.com, Jumat (22/10/2021), sore.

Baca juga: Cerita 2 Anak PMI Dipulangkan dari Malaysia, Ayah Meninggal saat Dipenjara, Ibu tak Tahu Dimana

Menurutnya, pemeriksaan sampel swab ratusan PMI itu dilakukan menggunakan mesin PCR yang baru di RSUD Nunukan.

"Satu kali running sampelnya itu 3 jam. Kapasitas sekali running 96 sampel. Kalau jumlahnya ratusan ya bisa sampai tiga kali running. Informasi dari rumah sakit hari ini sudah keluar hasilnya. Tapi belum ada lagi," ucap Baharullah.

Selain wajib diPCR, kata Baharullah, PMI yang dideportasi dari Malaysia wajib sudah divaksin Covid-19.

PMI dilakukan swab PCR oleh petugas di Kabupaten Nunukan
PMI dilakukan swab PCR oleh petugas di Kabupaten Nunukan (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

Meski begitu, saat akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing ratusan PMI itu wajib divaksin lagi begitupun swab PCR.

"Kami sampaikan ke Konsulat RI di Tawau, sebelum PMI atau WNI dipulangkan harus divaksin dulu. Kemarin mereka bawa bukti vaksin tapi saya tidak tau detailnya, apakah baru dosis satu atau sudah dua," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved