Travel

Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan: Diminati Turis Mancanegara, Dilewatkan Turis Domestik

HUTAN Lindung Sungai Wain (HLSW) merupakan salah satu objek wisata alam dengan aneka flora dan fauna di Kota  Balikpapan, Provinsi  Kalimantan Timur.

Editor: Sumarsono
HO/Kagama
Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Balikpapan berkesempatan berkunjung ke kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang berlokasi di Km 15, Karang Joang, Balikpapan Utara 

TRIBUNKALTARA.COM - HUTAN Lindung Sungai Wain (HLSW) merupakan salah satu objek wisata alam dengan aneka flora dan fauna  di Kota  Balikpapan, Provinsi  Kalimantan Timur.

HLSW adalah perpaduan objek wisata hutan heterogen dan sungai.

Luas keseluruhan kawasan HLSW adalah 10.025 hektare, dilalui Sungai Wain yang panjangnya 18,3 km dengan airnya yang jernih dan hutan bakau nan hijau.

Lokasi HLSW berada di Km 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Untuk menuju ke destinasi hutan alam tersebut dari pusat kota Balikpapan hanya 30 menit, bahkan lebih cepat jika tidak macet.

Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Balikpapan pada Rabu, 20 Oktober 2021 berkesempatan berkunjung dan bersilaturahmi dengan KPHL serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola HLSW.
Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Balikpapan pada Rabu, 20 Oktober 2021 berkesempatan berkunjung dan bersilaturahmi dengan KPHL serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola HLSW. (HO/Kagama)

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati trekking pendek dengan melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan pajang yang ada di dekat waduk air Sungai  Wain.

Pengunjung juga bisa menikmati trekking sepanjang 3 km sambil melihat-lihat  beberapa tumbuhan langka, seperti Kantung Semar.

Untuk dapat menikmati aneka ragam tumbuhan dan juga satwa, seperti Beruang Madu yang  berjumlah 60 ekor, pengunjung perlu mendapatkan izin khusus dari pihak  pengelola.

Jika ingin menikmati pemandangan pedalaman kawasan HLSW yang lebih menantang lagi, pengujung perlu melakukan trekking sepanjang 8 km hingga sampai  di Base Camp Jamaluddin yang terletak di jantung hutan lindung.

Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Balikpapan pada Rabu, 20 Oktober 2021 berkesempatan berkunjung dan bersilaturahmi dengan KPHL serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola HLSW.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved