Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Kalimantan dan 14 Wilayah lainnya akan Hujan Lebat Disertai Angin

Prakiraan cuaca hari ini, Jumat 22 Oktober 2021, BMKG: Kalimantan dan 14 wilayah lainnya di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin dan petir.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Ilustrasi cuaca mendung dan hujan menyelimuti Kota Tanjung Selor, pihak BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan berlangsung hingga 11 Oktober mendatang. (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COMPrakiraan cuaca hari ini, Jumat 22 Oktober 2021, BMKG: Kalimantan dan 14 wilayah lainnya di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin dan petir.

Informasi cuaca ekstrem tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) yang diumumkan pada Kamis (21/10/2021) kemarin.

BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia, sebanyak 18 wilayah, 4 wilayah diantaranya berada di Pulau Kalimantan, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Cuaca ekstrem berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Baca juga: Termasuk Kalimantan Utara, Waspada Cuaca Ekstrem Pada 29 Wilayah di Indonesia Senin 18 Oktober 2021

Informasi dari laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, kemarin, Kamis (21/10/2021), tercatat adanya sirkulasi siklonik terpantau di perairan Timur Filipina - Filipina bagian Tengah, Laut Natuna Utara, di Selat Karimata dan di perairan Barat Bengkulu.

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah konvergensi memanjang dari Lampung hingga perairan Barat Daya Lampung, di Bengkulu bagian Utara, dari Laut Natuna Timur hingga Kalimantan Utara, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah.

Kemudian, wilayah memanjang di Perairan Barat Bengkulu - Lampung serta daerah konfluensi yang terpantau di Kep. Bangka Belitung, Kalimantan bagian Timur, Selat Makassar bag Utara, Laut Sulawesi, Sulawesi bag Utara, perairan Utara Halmahera, Laut Maluku dan Laut Banda.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, Sumatera Utara hingga Selat Malaka, di Jawa Tengah, di perairan Selatan NTB, di NTT, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah bag Selatan, dan di Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Jumat (22/10/2021):

Baca juga: Peringatan Cuaca Ekstem BMKG, Besok 21 Oktober 2021, Beberapa Daerah di Indonesia Termasuk Kaltara

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved