Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Exhibisi Mahjong Bulungan, Sukwanto Gunawan: Tersisa 12 Peserta dari Total 24 yang Mengikuti

Exhibisi Mahjong Bulungan, Sukwanto Gunawan: Tersisa 12 peserta dari total 24 yang mengikuti.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kegiatan latihan exhibisi Mahjong di Aula Klenteng Tanjung Selor (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Sukwanto Gunawan Ketua Pomain Kabupaten Bulungan, bernama Liong Mahjong Club Bulungan sudah melakukan Exhibisi Mahjong sebanyak 24 orang dan tersisa 12 peserta.

"Kami sudah lakukan exhibisi mahjong, sisa 12 orang, dan mahjong ini adalah permainan legenda, memiliki peminat yang sangat tinggi dan sudah mendarah daging kalau apalagi sudah di mainkan sama sesepuh, junior, senior kalah," tegasnya Sabtu (23/10/2021).

Lebih lanjut Sukwanto, adanya Mahjong kembali hadir di tengah masyarakat, berkat adanya promosi olahraga tradisional dari KORMI Kaltara.

Baca juga: Resmi Dapatklan Izin, IESPA Bulungan Siap Ikut Fornas, Jupri: Bersyukur Sudah Legal 

"Normalnya, main Mahjong dimainkan dalam sebuah meja oleh empat orang, kami juga bersedia jikalau ada masyarakat ingin bergabung belajar main, satu kali putaran itu bisa 2-4 jam berlangsung," tuturnya.

Lebih lanjut, Sukwanto menganggap permainan ini sama seperti kartu domino dan lain sebagainya pada masyarakat umum di Indonesia.

"Karena ini permainan adanya dulu di kedukaan, dan acara besar, sekarang semua rasa dan kegiatan bisa dilakukan karena ini mahjong memiliki karakter dan simbol khas Tiongkok," ucapnya

"Masing-masing memiliki makna yang spesial misalnya, batu yang disebut juga sebagai roda, lingkaran atau kue," tambahnya kepada TribunKaltara.com.

Cabor Mahjong yang menjadi olahraga tradisional ini di jadwalkan pada sore esok Minggu (23/10/2021) kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara.

"Karena ini kan olahraga mengasah otak juga, main filling, untuk berpikir, kemudiaan kepiawaian mengolah kartu, kalau di olahraga ini kayak catur gitu," terangnya.

Baca juga: Naik Motor Trail Honda CRF, Wakil Bupati Ingkong Ala Bersama KITA Bulungan Trabas Desa & Kampung

Sementara itu, Sukwanto berharap exhibisi antar Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara bisa terjalin dan terus memainkan olahraga tradisional ini agar dikenal masyarakat.

"Kami tidak menutup kemungkinan akan terus latihan bersama sparing, dan ada club-club rumah di Kabupaten/Kota, apalagi anak muda banyak peminatnya dan tidak ada batasan umur," tutupnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved