Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Tambah Ruang Terbuka Hijau Arena Pro Sehat, Berikut Lokasi RTH Publik di Kabupaten Malinau

Tambah Ruang Terbuka Hijau Arena Pro Sehat, berikut lokasi RTH publik di Kabupaten Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TribunKaltara.com/Mohammad Supri
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malinau, Frent Tomy Lukas saat ditemui di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (25/10/2021). (TribunKaltara.com / Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Tambah Ruang Terbuka Hijau Arena Pro Sehat, berikut lokasi RTH publik di Kabupaten Malinau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malinau, Frent Tomy Lukas mengatakan tiap kabupaten kota berkewajiban menyiapkan Ruang Terbuka Hijau atau RTH.

Menurutnya, ruang terbuka hijau memiliki fungsi penting diantaranya dari segi pemanfaatan ruang terbuka untuk aktivitas masyarakat, fungsi ekologi dan mitigasi bencana banjir.

Baca juga: 5,6 Hektare Lahan Pro Sehat Kabupaten Malinau Ditetapkan Sebagai Ruang Terbuka Publik

“Aturan menyebutkan bahwa ruang terbuka hijau wajib disiapkan di setiap wilayah, ada proporsinya. Ada banyak fungsi, diantaranya bertujuan meminimalisir polusi, dan peruntukan wilayah terbuka untuk dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya kepada TribunKaltara.com, Senin (25/10/2021).

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malinau mencatat ada sejumlah kawasan di wilayah sekitar ibu kota kabupaten yang dimanfaatkan sebagai ruang tebuka hijau publik.

Kawasan RTH Publik tersebut tersebar di 3 kecamatan sekitar ibu kota kabupaten, meliputi Kecamatan Malinau Kota, Malinau Barat dan Mentarang.

“Lokasinya ada banyak, rata-rata di Kecamatan Malinau Barat. Ada RTH Taman Oval, RTH Sempadan Sungai, Taman Eks Pinus, Median jalan Kantor Camat dan Lansekap Perumahan DPRD.

Baca juga: Jadwal Speedboat Reguler Tujuan Kota Tarakan Senin 25 Oktober 2021, Start di Pelabuhan Malinau Kota

Selain itu ada RTH Pelangi Intimung di Kecamatan Malinau Kota dan Kuburan Muslim Raja Tua di Mentarang,” katanya.

Siang tadi, Area Pro Sehat di Kecamatan Malinau Kota juga ditetapkan sebagai ruang terbuka publik dengan luas kawasan sekira 5,6 hektare.

Berdasarkan UU 26/2007 tentang Penataan Ruang, proporsi RTH wilayah kota paling sedikit 30 persen dari total luas wilayah kota.

Ditanya soal persentase tersebut, Frent Tomy Lucas mengatakan peruntukan RTH Malinau belum mencapai persentase sebagaimana disyaratkan.

Namun, jika dihitung dari jumlah kawasan pembangunan atau permukiman kota, jumlah ruang hijau di Malinau saat ini telah melebihi dari persentase kawasan kota.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Kalimantan Utara Senin 25 Oktober 2021, Malinau Berpotensi Hujan Ringan Sore Ini

"Kalau dihitung luas kawasan secara keseluruhan, memang belum mencapai. Karena sebagian wilayah kota di Malinau masih wilayah tutupan hutan. Kalau diakumulasi kota hunian efektif, RTH saat ini sudah melebihi 30 persen," ungkapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved