Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Dinkes Kaltara Target Akhir Tahun Cakupan Vaksinasi 70 Persen

Guna mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19 di Kaltara, berbagai langkah dilakukan pihak Dinkes Kaltara.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Kepala Dinkes Kaltara Usman 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Guna mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19 di Kaltara, berbagai langkah dilakukan pihak Dinkes Kaltara.

Salah satunya ialah dengan mempercepat laju vaksinasi Covid-19. Menurut Kepala Dinkes Kaltara Usman, pihaknya optimis cakupan vaksinasi bisa menyentuh 70 persen di akhir tahun.

Keyakinannya ini tidak terlepas dari tersedianya stok vaksin Covid-19 dan masih banyaknya warga yang telah tervaksin namun datanya belum terinput.

Baca juga: Waspada Gelombang Ketiga Covid-19, Presiden Minta Kepada Gubernur Perhatikan Tiga Hal Penting Ini

"Kita optimis akhir tahun itu bisa sampai 70 persen, jadi ini kita kejar terus," kata Usman, Jumat (5/11/2021).

"Dan masih banyak juga warga sudah divaksin itu belum masuk datanya, jadi ini juga akan menambah cakupan kita," tambahnya.

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Lonjakan Covid-19, Gubernur Kaltara Minta Warga Saling Ingatkan Prokes

Selain itu pihaknya juga telah menerbitkan surat edaran bagi kabupaten kota terkait percepatan vaksinasi yang dilaksanakan di fasilitas umum seperti halnya pelabuhan.

"Kami sudah terbitkan surat edaran kepada kabupaten kota untuk laksanakan vaksinasi di fasilitas umum dan tempat-tempat keramaian," tambahnya.

Pemberian Vaksinasi Massal Dosis 1 dan 2 jenis Sinovac kepada pelajar di Balai Adat Desa Metun Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan itu berlangsung sejak pukul 08.30 Wita pagi tadi.
(TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI).
Pemberian Vaksinasi Massal Dosis 1 dan 2 jenis Sinovac kepada pelajar di Balai Adat Desa Metun Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan itu berlangsung sejak pukul 08.30 Wita pagi tadi. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Tak hanya vaksinasi, Usman juga meminta agar protokol kesehatan tidak dilonggarkan, kendati level PPKM di beberapa kabupaten kota dan kasus Covid-19 semakin menurun.

"Tentu selain vaksinasi termasuk juga prokes, jadi jangan diabaikan jangan dilonggarkan," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Kasus Covid-19 Gelombang Ketiga, Jelang Natal & Tahun Baru, RSUD Malinau Siapkan 51 Bed

Sementara itu Pelaksana Tugas Direktur RSUD Tarakan, d Franky Sientoro mengaku siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya gelombang ketiga lonjakan Covid-19.

"Kami terus antisipasi, bed kita ada 1.200 kami rasa cukup, termasuk oksigen kita juga cukup, dan kemarin itu kami juga dapat bantuan oksigen dari Singapura," kata Franky Sientoro.

Ia menilai, dengan semakin banyaknya masyarakat yang divaksin, maka gelombang ketiga Covid-19 diprediksi jauh lebih ringan.

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Wagub Yansen Minta Masyarakat Kaltara Aktif Ikut Vaksinasi

"Dan BOR Covid-19 kita cuma ada 8 pasien kemarin, jadi sudah turun jauh semakin menurun," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved