Breaking News:

Opini

Kepala Otorita dan Nama Ideal untuk Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur

IBU Kota Negara (IKN) baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara dalam draft RUU IKN akan dipimpin oleh seorang Kepala Otorita

Editor: Sumarsono
HO
Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi Zaienal 

Oleh : Dr. Isradi Zainal

Rektor Uniba, Ketua PII Kaltim, Sekjen Forum Rektor PII

TRIBUNKALTARA.COM - IBU Kota Negara (IKN) baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur dalam Rancangan Undang Undang (draft RUU IKN) akan dipimpin oleh seorang Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita.

Otorita IKN merupakan lembaga pemerintah setingkat kementerian yang akan dibentuk untuk melaksanakan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN serta penyelenggaraan pemerintahan khusus IKN.

Dalam draft RUU IKN, Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita ditunjuk, diangkat dan sewaktu waktu dapat diberhentikan oleh Presiden (pasal 9 dan 10 RUU IKN).

Baca juga: Desain Smart City dan Smart Transportation di IKN Sepakunegara

Dijelaskan juga bahwa masa jabatan Kepala Otorita adalah 5 (lima) tahun.

Jika dilihat dari peran, fungsi, tugas dan wewenang seorang Kepala Otorita, maka pemerintah sebaiknya berhati-hati dan selektif dalam memilih pimpinan otorita.

Hal ini karena jika yang terpilih tidak sesuai harapan masyarakat dan penuh kontroversi maka pemindahan, penataan dan pembangunan IKN bisa terhambat dan tidak sesuai dengan rencana.

Bahkan bisa membuyarkan dukungan terhadap pemindahan dan pembangunan IKN baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ( 'Pakunegara').

Baca juga: UU IKN dan Tahapan Pembangunan Ibu Kota Negara Baru di Sepakunegara Kaltim

Tangkapan layar gambar desain burung garuda untuk Istana Negara baru di Kalimantan Timur karya dari Nyoman Nuarta. (Istimewa)
Tangkapan layar gambar desain burung garuda untuk Istana Negara baru di Kalimantan Timur karya dari Nyoman Nuarta. (Istimewa) (ISTIMEWA)

Untuk memilih Kepala Otorita pemerintah mengajukan sejumlah nama yang tak satupun terdapat nama dari Kaltim, bahkan terkesan minimnya nama yang ditampilkan sebagai calon Kepala Otorita.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved