Breaking News:

Berita Ekonomi Terkini

Kerugian Ekonomi Akibat Kecelakaan Capai Rp 478 Triliun, Isuzu Beri Pelatihan Keselamatan Berkendara

Kecelakaan di jalan raya masih menjadi momok menakutkan. Tidak hanya memakan korban jiwa, kecelakaan lalu lintas juga menyebabkan kerugian ekonomi.

IST
Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa bersama Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan berbicang seusai Talkshow di Booth Isuzu dalam pameran GIIAS 2021 di ICE BSD Tangerang. 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA  - Kecelakaan di jalan raya masih menjadi momok menakutkan. Tidak hanya memakan korban jiwa, kecelakaan lalu lintas juga menyebabkan kerugian ekonomi sangat besar.

Data Kementerian Perhubungan (Kemhub) pada pertengahan Oktober 2021 lalu menyebutkan, tiap satu jam, rata-rata 2-3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas jalan di Indonesia.

Kerugian ekonomi akibat kecelakaan itu diperkirakan mencapai 2,9 hingga 3,1 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2020, atau setara dengan Rp 440 triliun hingga Rp 478 triliun dengan total PDB Rp 15.434 triliun.

Kemhub mencatat, sebanyak 61% kecelakaan yang terjadi disebabkan faktor manusia, lalu 30% karena faktor sarana prasarana, dan 9 % akibat faktor pemenuhan persyaratan laik jalan.

Baca juga: Sopir Vanessa Jadi Tersangka Kecelakaan Maut di Tol Jombang-Mojokerto, Diduga Ada Unsur Kelalaian

Terkait hal itulah, Astra Isuzu kembali mengkampanyekan keselamatan berkendara untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kali ini, bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Isuzu menggandeng Kemhub dan dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mencanangkan program pelatihan keselamatan berkendara bagi pengemudi truk.

“Kecelakaan kendaraan niaga saat ini masih menjadi kontributor terbesar kecelakaan di Indonesia.

Penyebab utamanya adalah faktor internal atau person yang kurang memiliki kemampuan atau kompetensi dalam mengendarai kendaraaan niaga,” tutur Customer & Product Service Division Head PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Heri Wasesa di booth Isuzu di GIIAS 2021, Jumat (12/11).

Ia menambahkan, Astra Isuzu sebagai mitra bisnis ingin hadir, tidak hanya dalam memberi kenyamanan dan keamanan dari sisi produk, tetapi juga pada setiap aktivitas pelanggan dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Juni 2021 Harga Rp 50 Juta hingga Rp 100 Jutaan: Toyota, Daihatsu dan Isuzu

Terutama dalam memastikan keamanan dan keselamatan pengemudi sebagai stakeholder selama berkendara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved