Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Perpusda Bulungan Akan Sering Gelar Pelatihan Menulis dan Membaca

Tingkatkan minat baca pelajar, Perpusda Bulungan akan sering gelar pelatihan menulis dan membaca.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bulungan, Datu Buyung Perkasa (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Tingkatkan minat baca pelajar, Perpusda Bulungan akan sering gelar pelatihan menulis dan membaca.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bulungan, Datu Buyung Perkasa, mengungkapkan demi meningkatkan minat baca pelajar hingga masyarakat mengadakan pelatihan menulis.

Baca juga: Mudahkan Pembaca Kala Pandemi Covid-19, Perpusda Bulungan Sediakan Pendaftaran Pinjam Buku Online

"Kami beberapa bulan ini, sedang sering lakukan lomba menulis cerita untuk anak-anak kita dan masyarakat Bulungan untuk meningkatkan informasi intelektual mereka tentang Kalimantan Utara," ungkapnya Rabu (17/11/2021).

Ia akui kemarin Selasa (16/11/2021) baru melakukan lomba terbuka untuk umum tentang materi menulis cerita rakyat untuk pelajaran tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bulungan, Datu Buyung Perkasa. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI).
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bulungan, Datu Buyung Perkasa. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Kita kemarin baru saja adakan lomba menulis cerita, untuk meningkatkan minat baca pelajar, perguruan tinggi dan masyarakat, dan kami berikan hadiah meskipun tidak ada di RKA (Rencana Kerja dan Anggaran," ungkapnya

Baca juga: Pemkab dan DPRD Bulungan Sepakat KUA-PPAS APBD 2022 Senilai Rp 1,2 Triliun, Turun Hampir Rp 7 Miliar

Lebih lanjut Datu Buyung Perkasa sebut banyak para peserta SD menceritakan tentang sejarah daerah Kalimantan Utara.

"Kemarin itu waktu lomba anak SD, banyak menceritakan secara verbal dan non verbal (bentuk tulisan) kepada kami, inikan menarik, bahwa mereka (Siswa Sekolah Dasar) minat giat membaca informasi terkini cukup tinggi," ucapnya.

Sementara itu, Datu Buyung Perkasa menjelaskan metode belajar yang ramah untuk anak sekolah dasar (SD) tidak hanya dengan membaca dari buku tetapi bisa juga menggunakan metode lainnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Rabu 17 November 2021, BMKG Prediksi Bulungan Diguyur Hujan Ringan Siang Ini

"Belajar membaca tidak hanya menggunakan dengan buku fisik saja, bisa juga dapat dari membaca, dari informasi media online yaitu handphone, dengan bijak yaitu dibimbing orangtua khususnya ini anak sekolah dasar," ujarnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved