Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Besok Kades dari Hulu Sungai Kayan akan Temui Bupati Bulungan Syarwani Bahas Plasma Kelapa Sawit

Besok Kepala Desa dari Hulu Sungai Kayan akan menemui Bupati Bulungan Syarwani untuk bahas plasma kelapa sawit.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Ilustrasi - Lokasi Perkebunan Sawit di Wonomulyo Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan Senin (22/11/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN -Besok Kepala Desa dari Hulu Sungai Kayan akan menemui Bupati Bulungan Syarwani untuk bahas plasma kelapa sawit.

Seluruh Kepala Desa (Kades) dari Hulu Sungai Kayan hingga ke Hilir, besok Selasa (23/11/2021) akan melakukan pertemuan bersama Bupati Bulungan Syarwani membahas pembangunan perkebunan plasma kelapa sawit.

"Saya sudah menerima surat pemberitahuan dari teman-teman kades di Tanjung Palas, Tanjung Palas Barat, Peso Hilir dan Peso terkait menindaklanjuti perkebunan plasma PT Gawi Plantations,"ungkapnya Senin (22/11/2021).

Baca juga: Respon Bupati Bulungan Syarwani Tentang PPKM Level III Serentak saat Nataru: Jangan Beri Ruang Cuti

Ia juga sudah lakukan rapat internal dengan Dinas Pertanian dibidang Perkebunan.

“Saya sudah perintahkan internal kita yakni kepada bidang perkebunan Dinas Pertanian untuk mengevaluasi mulai dari Antutan hingga Long Tungu, kita akan lakukan evaluasi," ucapnya.

Syarwani menjelaskan, perusahaan perkebunan kelapa sawit yakni PT. Gawi Plantation berada di Hulu Sungai Kayan, ingin menanyakan proses dan progres terkait perkebunan plasma di tengah masyarakat.

“Kita akan tanyakan progresnya, baik dari data yang kita miliki di sisi pemerintah dan termasuk komparasi PT Gawi Plantation yang mereka rilis,” ucapnya.

Lebih lanjut, Syarwani juga ingin mendengar penjelasan pembangunan kebun kelapa sawit dari pihak perusahaan lainnya.

Baca juga: KPU Bulungan Sebut Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Disiapkan jadi Anggota Badan Ad Hoc

"Agenda kita juga ada penjelasan pembangunan kebun plasma dari PT Primatunas Kharisma, PT Intiselarasa Perkasa, PT Sentosa Suksesutama," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa secara keseluruhan luasan perkebunan yang diusahakan minimal 20 persen plasma bagi masyarakat, Hanya saja di sini terlihat parsial tidak dalam satu hamparan.

"Ada beberapa titik perkebunan milik PT Gawi Plantation yang melintasi desa mulai Desa Antutan ke Mara, Long Sam hingga ke Hulu itu nanti yang akan kita lihat, karena ini yang tidak terlihat maksimal karena spoting,” ucapnya.

Syarwani menambahkan, PT. Gawi Plantation ini melintasi beberapa desa bahkan di 4 kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Palas, Tanjung Palas Barat, Peso Hilir hingga Peso.

Baca juga: Tak Temukan Pencemaran di Desa Long Sam, DLH Bulungan: Tidak Perlu Tinjau Ulang Amdal Perusahaan

"Kita harus duduk bersama, dan data yang dimiliki masyarakat harus disinkronkan dengan milik pemerintah dan perusahaan,” ucapnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi
(TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI).

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved