Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami Harap Keputusan Tanggal Pemilu Serentak 2024 Segera Ditetapkan

KPU Kaltara berharap pemerintah pusat dapat segera memutuskan penetapan tanggal pencoblosan dalam Pemilu 2024 serentak.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - KPU Kaltara berharap pemerintah pusat dapat segera memutuskan penetapan tanggal pencoblosan dalam Pemilu 2024 serentak.

Menurut Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami, bila penetapan tanggal pencoblosan semakin mundur, berpotensi menganggu tahapan Pemilu.

Baca juga: Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Bulungan Luncurkan Tenguyun Podcast, Suryanata Beri Apresiasi

"Sampai sekarang belum ada keputusan resmi terkait jadwal Pemilu 2024," kata Suryanata Al Islami, Senin (22/11/2021).

"Apabila penetapan ini berlarut, ini berpotensi menggangu tahapan Pemilu 2024, potensi berikutnya mengurangi kualitas Pemilu kalau tahapannya terganggu," tambahnya.

"Karena itu untuk persiapan yang matang dan kualitas Pemilu yang lebih baik, alangkah bijaknya kalau keputusan tanggal bisa segera dilakukan," harapnya.

Suryanata menjelaskan, bahwa pihak KPU RI mengusulkan pelaksanaan Pemilu dan Pileg berlangsung pada bulan Februari 2024.

Adapun untuk Pilkada yakni pemilihan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup serta Walikota Wawalkot diusulkan berlangsung di bulan November 2024.

Usulan ini berbeda dari usulan pihak pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri yang mengusulkan Pemilu dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

"KPU RI mengusulkan Pemilu 2024 di 21 Februari, dan Pilkada 27 November," kata Suryanata Al Islami.

"KPU usulkan karena dari berbagai pertimbangan, karena paling logis rentang jaraknya di bulan Februari itu, karena kalau pelaksanaan di bulan Mei seperti usulan pemerintah, agenda kampanye di bulan Ramadan," tambahnya.

Baca juga: Pimpin Raker Bahas Pemilu 2024, Fernando Sinaga Minta KPU Jangan Terjerat Kasus Korupsi Lagi

Kendati menginginkan agar tanggal pencoblosan segera ditetapkan, Suryanata Al Islami menyadari bahwa gelaran Pemilu serentak 2024 yang kompleks nanti haruslah mendapatkan persetujuan dari banyak pihak.

"Kalau kita berpacu pada UU, penetapan itu ranahnya ada di KPU, tapi karena ini hajatan nasional, KPU perlu mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak," tutur Suryanata Al Islami.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved