Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Masalah Plasma Sawit, Pemkab Bulungan Minta PT Gawi Plantations Segera Pendataan Ulang Warga Desa

Masalah plasma sawit, Pemkab Bulungan minta PT Gawi Plantations segera pendataan ulang warga desa.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala Pimpin Rapat Pembinaan Kelapa Sawit di Ruang Serba Guna Lantai 2 Kantor Bupati Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Masalah plasma sawit, Pemkab Bulungan minta PT Gawi Plantations segera pendataan ulang warga desa.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Bulungan, Errin Wiranda meminta, kepada PT Gawi Plantations segera pendataan ulang warga untuk dapat plasma sawit.

Baca juga: PT Gawi Plantations & Wabup Bulungan Bahas Kerja Sama dengan Koperasi dan Penerapan Plasma Sawit

"Hanya beberapa desa yang KK-nya (Kartu Keluarga) dapat plasma sawit, tentunya kami harap PT Gawi Plantations bisa jelaskan kembali ke warga tentang skema atau sistem, yang dianut oleh pihak perusahaan," ungkapnya Selasa (23/11/2021).

Errin Wiranda memahami keadaan lahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bulungan mengalami peningkatan.

"Ini adalah salah satu bentuk kemajuan daerah adanya perkebunan sawit di Bulungan, dan kami selalu Pemkab Bulungan berusaha memfasilitasi dan semaksimal layani permasalahan ini," ucapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan hubungan pemerintah Kabupaten Bulungan dengan warga Desa dekat perusahaan kelapa sawit harus terjalin.

Baca juga: Konflik Warga & Perusahaan, Wabup Bulungan: Sudah 2 Periode Masalah Plasma Sawit tak Kunjung Kelar

"Harapan kami, manajemen pengelolaan perkebunan kelapa sawit ini, bisa lakukan perbaikan-perbaikan masalah yang kita hadapi bersama," ujarnya.

Bahkan Errin, ingin perusahaan kelapa sawit bisa menjaga nama baik produk olahan minyak asli olahan mereka.

"Karena ada penilaian-penilaian dari pemerintah, berkaitan dengan kemajuan pengusaha dalam memfasilitasi masalah isu-isu lingkungan, di wilayah masing-masing perusahaan," ungkapnya

Ia menambahkan juga sudah sering lakukan sosialisasi kepada pihak perusahaan kelapa sawit untuk bisa menyeimbang kebutuhan masyarakat.

"Kita dari pemerintah daerah, dari dinas pertanian, di bagian ekonomi tentunya, sudah lakukan beberapa kali pertemuan dengan warga, dan perusahaan harus mematuhi peraturan undang-undang berlaku," ucapnya.

Baca juga: Papan Reklame Rokok Menjamur di Jalanan, DPRD Bulungan Sebut Mengganggu Pengguna Jalan dan Estetika

Bahkan Errin berharap masalah tentang Plasma Sawit bisa segera terselesaikan dalam beberapa bulan kedepan.

"Pertemuan hari ini bisa membawa perubahan lebih baik, karena sudah kesian kita lakukan pembahasan Plasma Sawit, sehingga mari kita buat keputusan atau kepastian mutlak," ujarnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved