Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Refleksi Hari Guru Nasional, Bupati Malinau Komunikasikan Aksesibilitas TIK ke Pemerintah Pusat

Peringatan Hari Guru Nasional 2021, Forum bersama Pemda dan PGRI Malinau membahas aksesibilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Program sapa Bupati bersama tenaga pendidik dan kependidikan di Malinau secara virtual di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (25/11/2021). ( TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI ) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Peringatan Hari Guru Nasional 2021, Forum bersama Pemda dan PGRI Malinau membahas aksesibilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Malinau.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan upaya tersebut telah ia sampaikan kepada Pemerintah RI dalam agenda kunjungannya ke Jakarta pekan ini.

Baca juga: 20 Pantun Hari Guru Nasional 2021, Bagikan ke Grup Kelas atau Kirimkan ke Guru untuk Berterima Kasih

Menurutnya momen peringatan Hari Guru Nasional dijadikan refleksi perkembangan sektor pendidikan di Malinau.

Transisi model pembelajaran berbasis teknologi menurutnya hal yang mutlak dilakukan. Baik bagi peserta didik, terkhusus kepada tenaga pendidik dan kependidikan.

"Saat ini, seluruh sektor kehidupan berbasis teknologi. Kualitas SDM di Malinau bergantung pada sektor pendidikan, utamanya peran Guru," ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Saat ini, Satuan Pendidikan di Malinau menerapkan model pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Model belajar-mengajar diterapkan bersesi, belajar tatap muka dan secara Daring. Namun kendala saat ini, persoalan infrastruktur dan sarana yang belum memadai.

"Persoalan pendidikan di Malinau banyak berkaitan dengan infrastruktur dan Sapras. Karena kondisi wilayah, sejumlah besar daerah belum menikmati akses internet sebagaimana di wilayah perkotaan," katanya.

Wempi W Mawa menerangkan, ia telah menyampaikan persoalan tersebut kepada kementerian terkait.

Di antaranya melalui program Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo.

"Persoalan ini saya sampaikan kepada Kementerian, Kominfo melalui program Bakti. Terkait aksesibilitas teknologi dan infrastruktur di Malinau," ungkapnya.

Baca juga: Profil Sartono Pencipta Lagu Hymne Guru, Karyanya Kini Selalu Dikumandangkan saat Hari Guru Nasional

Aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi tersebut penting dalam menunjang program unggulan daerah, diantaranya melalui program Wajib Belajar Malinau Maju.

Wempi W Mawa menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada tenaga pendidik dan kependidikan di Malinau melalui program virtual dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved