Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Jumat 26 November 2021, BMKG: Termasuk Kaltara, Inilah 30 Daerah Potensi Hujan Deras

Prakiraan cuaca hari ini, Jumat 26 November 2021, BMKG memprediksi 30 daerah di Indonesia, termasuk Kaltara berpotensi hujan deras disertai angin.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, hujan lebat pada sore hari di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COMPrakiraan cuaca hari ini, Jumat 26 November 2021, BMKG memprediksi 30 daerah di Indonesia, termasuk Kaltara berpotensi hujan deras disertai angin dan petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di hampir seluruh wilatah Indonesia pada Jumat (26/11/2021).

Akibat cuaca ekstrem tersebut, beberapa wilayah diprediksi berpotensi terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Diantaranya wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan hingga wilayah paling timur Indonesia, Papua Barat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Tarakan Kamis 25 November 2021, Hujan Diprediksi Terjadi Pagi dan Malam Hari

Seperti yang disampaikan BMKG melalui laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, menyebutkan adanya bibit siklon tropis 91S terpantau di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang membentuk low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot.

Bibit siklon ini memanjang di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sepanjang wilayah low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Banten, Laut Natuna dan Laut Maluku bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa barat, Laut Natuna, Laut Sulawesi dan di Maluku Utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Selatan, dari Laut Jawa bagian timur hingga Sulawesi bagian selatan.

Kemudian, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, di Maluku bagian tenggara, dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved