Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Cegah Terjadinya Banjir, DPUPR Bulungan Minta Dukungan Anggaran Dana Pengadaan Penutup Lubang Got

Cegah terjadinya banjir, DPUPR Bulungan minta dukungan anggaran dana untuk pengadaan penutup lubang got.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Warga Bulungan saat membersihkan drainase. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Cegah terjadinya banjir, DPUPR Bulungan minta dukungan anggaran dana untuk pengadaan penutup lubang got.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan ( DPUPR) Kabupaten Bulungan, Hairul berterus terang, bahwa instansi yang dipimpinnya butuh dukungan bantuan anggaran untuk pengadaan penutup lubang got (Manhole).

Baca juga: Klaim Kantongi Dukungan Pimpinan Anak Cabang, Tasa Gung Berpeluang Aklamasi Pimpin Hanura Bulungan

"Anggaran DPU-PR terbatas dan ya harapanya dari pemerintah daerah Bulungan juga bisa beri bantuan anggaran operasional atau untuk konstruksi drainase maupun rencana buat manhole," ungkapnya Sabtu (27/11/2021).

Hairul berpendapat untuk tidak terjadi banjir ataupun tersumbat aliran air di Drainase harus lakukan normalisasi.

"Supaya tidak banjir, harus normalisasi air got atau drainase secara bertahap dari jalan pemukiman padat di kota, baru bisa dibangun penutup lubang got yaitu tadi namanya Manhole atau besi lubang grill," ujarnya.

Baca juga: Ikut Tes SKB CPNS Bulungan, Peserta Hadir 30 Menit Sebelum Pelaksanaan, Wajib PCR & Swab Antigen

Hairul akui, daerah jalan Salak Kabupaten Bulungan paling sering terjadi genangan air karena akibat arus got tersumbat.

"Saya harap dengan adanya himbauan tentang drainase jangan di tutup dengan kayu papan, atau ada larangan jangan ada pembangunan di area jalan salak, semoga masyarakat bisa pahami seksama, kalau melanggar maka efeknya bisa mampet debit air lalu banjir," ucapnya.

Sementara itu, Hairul mencontohkan beberapa drainase di jalan Kolonel Soetadji sering terjadi genangan ataupun tersumbat.

"Drainase dekat kantor Gubernur dan Gedung Gabungan Dinas itu, sering tersumbat kalau habis hujan, padahal seharusnya bisa ditangani secepatnya namun sekali lagi karena keterbatasan alat konstruksi terbatas dan kendaraan operasional," ucapnya.

Terpisah, Arif Rawinda Kepala Seksi Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dan Keterpaduan Program Cipta Karya Kabupaten Bulungan

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Bulungan Sabtu 27 November, Malam Bakal Hujan Ringan Disertai Petir

Arif Rawinda, sebut ada beberapa titik drainase atau saluran air got sering mengalami tersumbat dan menjadi genangan air di pinggir jalan.

"Drainase depan SMP Agape, di sekitar lapangan Ahmad Yani dan depan pasar Induk sering terjadi mengalami tersumbat aliran air, dan sudah berusaha kami beri himbauan dengan pasang papan pengumuman," ucapnya

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved