Breaking News:

Berita Pemprov Kaltara

Pesta Budaya Sungai Kayan 2021, Kembalikan Gairah Masyarakat Pada Kearifan Lokal Kalimantan Utara

Pemprov Kaltara mengadakan sebuah rangkaian bertajuk Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021, memeriahkan hari jadi Kaltara.

Editor: Amiruddin
Foto: DKISP Kaltara
Wagub Kaltara Yansen TP ikut menari saat pembukaan Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021 di Taman Kaltara Abadi. Pemprov Kaltara mengadakan sebuah rangkaian bertajuk Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021, memeriahkan hari jadi Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Meriahkan hari jadi Kalimantan Utara ( Kaltara ) yang ke sembilan pada 25 Oktober 2021 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah melakukan berbagai perayaan.

Sebagai acara penutup, Pemprov Kaltara mengadakan sebuah rangkaian bertajuk Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021.

Baca juga: Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang Raih Penghargaan Indonesia Awards 2021

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang melalui Wakil Gubernur (Wagub) Yansen TP secara simbolis melalui pemukulan gong di Tugu Perdamaian Sungai Kayan dengan didampingi oleh Suriansyah selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara sekaligus Ketua Panitia penyelenggara.

“Kegiatan Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021 dimulai hari ini hingga 2 Desember 2021 mendatang dengan melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan,” ujar Suriansyah saat membuka laporan kegiatan tersebut yang juga disaksikan oleh Norhayati Andris selaku Ketua DPRD Kaltara serta jajaran Pemprov Kaltara dan masyarakat pada Minggu (28/11/2021).

“Rangkaian tersebut di antaranya adalah pentas seni dan live music, bazar, lomba kuliner, eksibisi jetski, lomba menyeduh kopi, gelar produk batik pelajar SLB (Sekolah Luar Biasa, red) se-Kaltara, penampilan puncak di lima kabupaten/kota yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Kaltara, lomba ketinting dan perahu, lomba asinan, dan lomba mahjong,” tambahnya.

Mendengar hal ini, Wagub Kaltara Yansen TP mengapresiasi kinerja panitia pelaksana.

Ia berharap kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Pemprov Kaltara tersebut, mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat demi melestarikan olahraga tradisional yang mulai memudar.

“Penampilan seni budaya merupakan kearifan lokal masyarakat, harapannya semoga tidak hanya ditampilkan pada hari ini saja.

Tetapi terus berlangsung pada kegiatan lain sehingga dapat menjadi hakikat gaya hidup masyarakat Kaltara yang mencintai budayanya,” beber Wagub Kaltara Yansen TP .

Ia menjelaskan, bahwa suatu saat Benuanta tidak hanya dikenal karena kaya akan keindahan alamnya seperti Sungai Kayan.

Tetapi juga akan dikenal dengan keanekaragaman budaya serta tradisi masyarakat melalui penggalian potensi yang sedang dilakukan oleh Pemprov Kaltara seperti saat ini.

Baca juga: Tinjau Pembangunan PLBN, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang Minta Pekerja Lokal Diberdayakan

“Penting sekali menganggap hal tersebut sebagai anugerah dari Tuhan, kekayaan itu juga menjadi salah satu faktor akan dibangunnya green industrial terbesar di dunia yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi bulan depan.

Mari kita syukuri kekayaan ini, terus bekerja sama untuk menyatukan semangat bersinergi masyarakat, pemerintah, dan swasta agar potensi yang kita miliki berdampak besar untuk semuanya,” pungkas Wagub Kaltara Yansen TP.

Sebagai penutup dari sambutannya, ia berharap rangkaian penutupan hari jadi Kaltara ini diikuti oleh masyarakat dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar capaian positif Satuan Petugas COVID-19 Kaltara dapat terus meningkat sehingga tidak ada penyebaran virus klaster ke tiga di Kaltara. (saq/dkispkaltara)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved