Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Outlook Pers Kaltim 2022: ‘Ajang Wartawan Legend Bedapatan’, Hadirkan Pelaku Pers Era ’70 an

Sejumlah insan pers di Kalimantan Timur menggagas acara Outlook Pers Kaltim 2022 di Swiss Belhotel Samarinda pada 17 Desember 2021.

Editor: Sumarsono
IST
Talkshow di RRI Pro 1 Samarinda memperkenalkan acara Wartawan Legend Bedapatan yang digelar di Swiss Belhotel Samarinda, 17 Desember 2021. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Sejumlah insan pers di Kalimantan Timur menggagas acara Outlook Pers Kaltim 2022 di Swiss Belhotel Samarinda pada 17 Desember 2021.

Tiga agenda dirangkai sehari penuh, mulai Talkshow dan Deklarasi Antihoaks, Konvensi Media Siber Lokal, serta ajang silaturahmi wartawan-wartawan senior Kaltim bertajuk "Wartawan Legend Bedapatan".

Outlook Pers Kaltim digagas untuk mengevaluasi kehidupan pers selama 2021 dan melangkah menatap masa depan tahun 2022.

Kegiatan ini pertamakali dilaksanakan, dengan mengundang sejumlah pelaku pers mulai era '70 an hingga sekarang.

Baca juga: Tingkatkan Profesionalitas Wartawan, Sekprov Kaltara Apresiasi UKW yang Digelar LSPR di Tarakan

"Kami panitia mengambil istilah ‘Wartawan Kaltim Bedapatan’. Jadi, mereka-mereka yang pernah bertugas sebagai wartawan surat kabar, majalah, tabloid, televisi dan radio, termasuk juga tenaga iklan dan pemasaran, bahkan tenaga layout dan mesin, kita undang. Ya semacam reuni," ujar Rusdiansyah Banjar, yang didaulat sebagai promotor sekaligus bendahara kegiatan, Jumat (10/12/2021).

Latar belakang digelarnya kegiatan itu adalah keinginan mempertemukan kembali pelaku pers berbagai zaman.

Seperti diketahui, dari Kaltim banyak tokoh pers yang pernah mewarnai media massa pada zamannya, seperti Alwy AS, Dahlan Iskan, Rizal Effendi, Tatang Dino Hero, Aan Reamur Gustam, Ibrahim Konong dan masih banyak lagi.

"Ini tokoh-tokoh pers Kaltim yang sampai sekarang masih hidup dan sebagian masih rajin menulis di media," ujar Rusdiansyah Banjar yang era 90-an aktif di bagian pemasaran dan periklanan Harian ManuntunG dan Suara Kaltim.

Baca juga: Sekretariat PWI Kaltim jadi Tempat Isolasi Mandiri Wartawan, Kadisdikbud Kaltim Serahkan Bantuan

Dari keinginan menggelar acara 'kangen-kangenan' itu, akhirnya berkembang berbagai isu pers lokal. Tidak lagi sekedar reunian, tapi harus ada output positif baik bagi dunia pers pada masa mendatang.

"Jadi muncul nama outlook pers kaltim," ujar owner dari perusahaan event organizer pameran PT ADW itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved