Berita Tarakan Terkini

Lampaui Target Vaksinasi Nasional, Kota Tarakan Perdana Gelar Kick Off Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

Kegiatan vaksinasi untuk pertama kalinya akhirnya digelar bagi anak usia 6-11 tahun. Tempat keramaian digelar di Taman Berkampung Sabtu (18/12/2021).

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Kegiatan Kick Off Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Taman Berkampung di Kota Tarakan, Sabtu (18/12/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Kegiatan vaksinasi untuk pertama kalinya akhirnya digelar bagi anak usia 6-11 tahun.

Kegiatan perdana Kick Off Vaksinasi anak usia 6-11 Tahun menyasar tempat keramaian digelar di Taman Berkampung Sabtu (18/12/2021).

Kegiatan ini masih diinisiasi Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kaltara bekerja sama dengan Pemkot Tarakan, Dinkes Tarakan, Germas dan Puskesmas Mamburungan.

Baca juga: Di Kaltara 2 Daerah Ini Bisa Laksnakan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, 3 Daerah Fokus Vaksin Lansia

Total ada 722 dosis pertama untuk vaksinasi Sinovac disasar kepada anak usia 6-11 tahun. Selain itu juga dibuka layanan vaksinasi Moderna dosis pertama sebanyak 182 target sasaran dan 144 dosis untuk jenis Pfizer dan menyasar usia 12 tahun ke atas.

Dikatakan Kabinda Kaltara, Brigjend TNI H. Andi Sulaiman melalui Koordinator Kick Off Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Bagas, ini adalah kick off pertama dilakukan di Tarakan dan yang kedua untuk Provinsi Kaltara.

“Sebelumnya dilakukan di Bulungan. Di Tarakan, kami kerja sama dengan Puskesmas Mamburungan dan Dinkes Tarakan agar mengakselerasi untuk percepatan vaksin untuk anak umur 6-11 tahun,” ujarnya.

Baca juga: Vaksin Dosis Pertama & Kedua Ditarget Capai 80 Persen, Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Tunggu Pusat  

Ia mengungkapkan secara nasional, Kaltara memang belum diarahkan untuk melaksanakan kick off. Namun secara zona lanjut Bagas, hanya dua wilayah di Kaltara yang sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Karena capaian vaksinasinya sudah melampaui 70 persen. Kemudian lansianya di atas 60 persen. Kalau sama-sama kita lihat animo masyarakat sangat tinggi khususnya orangtua,” ujarnya.

Ia berharap Provinsi Kaltara untuk capaian vaksinasi anak-anak ditarget tahun 2022 sudah bisa sampai dosis kedua selesai.

“Kita tetap mendorong dari Binda Kaltara,” jelasnya.

Kegiatan Kick Off Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Taman Berkampung di Kota Tarakan, Sabtu (18/12/2021)
Kegiatan Kick Off Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Taman Berkampung di Kota Tarakan, Sabtu (18/12/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mamburungan, dr. Anis Priliatna mengungkapkan untuk pertama kalinya kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan karena sebelumnya Kota Tarakan sudah melampaui target nasional untuk realisasi vaksinasinya yakni melampaui 80 persen.

“Dosis satunya sudah melebihi 70 persen standar nasional. Jadi kita bisa mulai kick off untuk anak usia 6-11 tahun perdana,” ungkapnya.

Adapun jenis vaksin menggunakan Sinovac sesuai rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesia Techinal Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Dan kami juga buka untuk jenis vaksin lain yakni Moderna dan Pfizer untuk orang dewasa,” jelasnya.

Baca juga: Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy Sebut Vaksinasi Anak akan Tambah 70.000 Sasaran

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved