Berita Kaltara Terkini

Antisipasi Bencana Banjir, BPBD Kaltara Sebut Siapkan Desa Tangguh Bencana

Kondisi curah hujan di penghujung tahun diprediksi akan meningkat, karenanya potensi banjir di beberapa wilayah di Kaltara dapat terjadi.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kaltara, Andi Amriapa, (kiri) dan Koordinator Lapangan BPBD Kaltara Asnawi (kanan) saat ditemui Kantor BPBD Kaltara, Kamis (23/12/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Kondisi curah hujan di penghujung tahun diprediksi akan meningkat, karenanya potensi banjir di beberapa wilayah di Kaltara dapat terjadi.

Merespons kondisi tersebut, pihak BPBD Kaltara mengaku telah memfasilitasi terbentuknya desa tangguh bencana atau Destana.

Di mana para relawan di tiap desa dilatih oleh pihak BPBD untuk memitigasi terjadinya bencana seperti banjir.

Baca juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, BPBD Kaltara Sebut Tak Ada Pos Penyekatan, Tapi Diganti Ini

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kaltara, Andi Amriapa, menyebut setidaknya ada tiga desa di tiga kabupaten di Kaltara yang telah ditetapkan sebagai Destana.

"Kami di beberapa titik juga sudah memfasilitasi dibentuknya Destana, itu ada di Nunukan, Malinau, dan Bulungan itu sudah berjalan," kata Andi Amriapa, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Waspada, Hulu Sungai Kayan Meluap, BPBD Kaltara Sebut Potensi Banjir Besar Tanjung Selor Terulang

"Sosialiasi, edukasi dan pelatihan relawan juga sudah berjalan, di Peso sudah berjalan, di Pulau Sapi juga sudah dan di Sembakung juga sudah," tambahnya.

"Kesiapan personel di lapangan Destana itu sudah kami latih, tinggal nanti bagaimana dukungan dari pihak desa dengan anggaran dana desa atau dari instansi lainnya," sambungnya.

Petugas BPBD Kaltara saat menyemprotkan disinfektan di Taman Tepian Kayan, dan Pelabuhan Speedboat Kayan II, guna mencegah penularan kasus Covid-19 di Tanjung Selor, Bulungan Kamis (8/7/2021)
Petugas BPBD Kaltara saat menyemprotkan disinfektan di Taman Tepian Kayan, dan Pelabuhan Speedboat Kayan II, guna mencegah penularan kasus Covid-19 di Tanjung Selor, Bulungan Kamis (8/7/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Menurutnya, secara peralatan dan kemampuan, desa yang telah ditetapkan sebagai Destana telah mampu melakukan mitigasi bencana banjir, seperti halnya melakukan evakuasi warga.

"Kalau dari sisi peralatan standar untuk Destana itu sudah siap, dan memang di sana sudah fasilitas lokalnya seperti perahu-perahu yang mereka miliki itu, jadi kalau emergency bisa digunakan," terangnya.

Baca juga: Usai Banjir Melanda Malinau, BPBD Kaltara Malah Mengaku Belum Terima Data Kerusakan dan Kerugian

Terpisah, Koordinator Lapangan BPBD Kaltara Asnawi mengungkapkan, tak hanya menyiapkan Destana, pihak BPBD juga terus siaga dalam menghadapi bencana banjir.

Asnawi menuturkan, pihaknya juga terlibat membantu BPBD Bulungan di masa pasca bencana saat banjir melanda Kecamatan Sekatak sepekan lalu.

"Kami di pasca bencana, karena saat banjir itu sudah dari BPBD Bulungan, banjirnya itu hitungan jam sebenarnya, tapi memang menyisakan lumpur dan sampah itu," kata Asnawi.

Baca juga: BPBD Kaltara Masih Lakukan Pendataan Banjir Malinau, Abdul Jalil Sebut Beberapa Wilayah Mulai Surut

"Kami kemarin membantu membersihkan rumah warga dan fasiitas umum jalan, sekolah, masjid, di sana yang berlumpur itu, jadi kami juga ikut turun membantu," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved